by

Jalan Arif Rahman Hakim Kota Depok Dibikin Sistem Contra Flow

Jalan Arif Rahman Hakim akan dibuat contra flow untuk mengurai kemacetan.

DepokRayanews.com- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok akan melakukan uji coba sistem contra flow atau melawan arah di Jalan Arif Rahman Hakim (ARH) pada Sabtu (30/8/2019). Jalan Arif Rahman Hakim yang biasanya dua jalurnya dibuat satu arah, akan diubah untuk mengurangi volume kendaraan pada Jalan Dewi Sartika.

“Sistem Satu Arah (SSA) yang biasanya dilakukan pukul 15.00 -22. 00 WIB akan diubah menjadi contra flow sepanjang hari,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kota Depok, Dadang Wihana, Rabu (21/8/2019).

Menurut Dadang, rekayasa lalu lintas itu dibuat karena melihat waktu jeda kereta api saat melintas di Jalan Dewi Sartika semakin singkat yakni, kurang lebih 4 menit. Akibatnya, antrean kendaraan menjadi sangat panjang.

Inilah alur contra flow di Jalan Arif Rahman Hakim yang segera diujicoba.

”Jadi, jika biasanya dari pertigaan Ramanda menuju Jalan Arif Rahman Hakim dua jalurnya dibuat satu satu arah pada jam tertentu. Ke depan akan satu jalur saja yang digunakan, satu jalurnya lagi akan contra flow. Dengan begitu, Jalan Arif Rahman Hakim akan menjadi tiga jalur ke arah barat. Tiga jalur tersebut berlokasi di putaran Bank BNI Arif Rahman Hakim, sehingga pengendara dapat berpindah jalur untuk menuju ke Jalan Nusantara Raya,” kata dia. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *