by

Jalur Utama Bandung – Cianjur Lumpuh Akibat Longsor di Kampung Citengkor

Jalur utama Bandung-Cianjur putus akibat tanah longsor.

DepokRayanews.com- Jalur utama Bandung-Cianjur, Jawa Barat, lumpuh total akibat longsor tebing setinggi 15 meter di Tanjakan Hantap tepatnya di Kampung Citengkor, Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul, Jumat, 24 Januari 2020 malam.

Longsor terjadi setelah hujan turun deras sejak siang hingga malam sehingga tebing di pinggir jalan longsor dengan panjang 15 meter menutup jalan. Akibatnya arus lalu lintas dari kedua arah Naringgul menuju Ciwidey atau sebaliknya, tidak dapat melintas. Petugas pun mengarahkan pengguna jalan untuk berbalik arah guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Longsor terjadi menjelang malam, tebing setinggi 15 meter ambruk menutup seluruh badan jalan utama Bandung-Cianjur. Tidak ada korban jiwa atau materil, namun arus lalu lintas lumpuh total,” kata Kapolsek Naringgul melalui Babinkamtibmas Bripka Ajah, pada Jumat 24 Januari 2020 malam.

Menurut Ajah, pihaknya langsung berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menurunkan alat berat guna menyingkirkan material longsor yang memiliki ketinggian hingga 2 meter dengan material tanah dan batu berukuran besar.

“Kalau menggunakan alat manual tentunya sulit karena material tanah bercampur batu berukuran besar, harus menggunakan alat berat. Untuk saat ini, kami imbau pengguna jalan untuk berbalik arah,” katanya.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya longsor susulan yang dapat mengancam keselamatan pengguna jalan yang memilih memarkir kendaraan di pinggir jalan dengan harapan jalur dapat kembali dilalui.

“Kami belum bisa memastikan kalau jalur dapat dibuka dalam beberapa jam karena kami masih menunggu alat berat dari instansi terkait yang katanya sudah menuju lokasi. Harapan kami jalur dapat dilalui secepatnya,” kata Ajah. (antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *