Jangan Asal Beli, Ini 3 Cara Bedakan Masker Bedah Asli atau Palsu

Sebarkan :

 

Cek sebelum anda membeli masker agar tidak salah beli.

Depokrayanews.com- Selain mencuci tangan dengan sabun, salah satu cara terhindar dari virus corona atau Covid-19 adalah memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah sesuai rekomendasi WHO.

Masalahnya sekarang harga masker melambung tinggi, bahkan sampai Rp 500 ribu per boks berisi 50 masker. Padahal sebelum Covid-19 masuk ke Indonesia, harga masker itu hanya Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu per boks.

Tidak hanya itu, banyak juga pedagang nakal yang menjual belikan masker palsu pada pelanggan. Mirisnya tak banyak tahu cara membedakan masker asli dan palsu.

Lalu bagaimana cara mengetahui masker itu asli atau palsu. Gearbest, yang merupakan salah satu situs e-commerce memberikan 3 cara mengetahui masker yang dipakai atau dijual asli atau palsu:

1. Bakar lapisan tengah masker

Biasanya di setiap masker bedah itu ada lapisan khusus penyaring debu, bakteri atau virus. Nah, bagian dalam itu diambil lalu perhatikan. Masker asli bagian dalamnya saat dibakar dengan korek akan meleleh dan tidak terbakar.

2. Tuangkan air pada masker

Tuangkan air dalam jumlah yang cukup banyak, lalu perhatikan. Masker bedah asli mampu menahan air lebih banyak dan tidak akan bocor. Berbeda dengan masker palsu yang hanya menahan sedikit air karena masker bocor.

Ini bertujuan agar saat sakit, masker tidak melepaskan virus dari si penderita. Jadi sangat penting jika masker bisa menahan air.

3. Tes bernapas

Ini bisa dilakukan dengan, saat kita bernapas menggunakan dan di luar masker itu akan dinyalakan korek api. Maka Anda tidak bisa meniup untuk mematikan korek. Ini karena di bagian tengan ada bahan lapisan penahan dan cairan. Sehingga Anda kesulitan untuk memadamkan api.

Sumber: suara.com


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubernur Jabar Setuju Penerapan PSBB Proporsional di Bodebek sampai 2 Juli 2020

Depokrayanews.com- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyetujui permohonan pemerintah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) untuk ...