by

Janji Manajemen RS Puri Cinere dan RSIA Brawijaya ke DPRD Depok Belum Diwujudkan

Depokrayanews.com- Manajemen Rumah Sakit Puri Cinere dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Brawijaya ternyata pernah berjanji kepada anggota DPRD Kota Depok untuk segera menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dicanangkan pemerintah pusat.

”Manajemen Rumah Sakit Puri Cinere dan Brawijaya sudah berjanji kepada kami, bahwa mereka akan segera menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Mereka bilang dalam proses,” kata Ketua Komisi D DPRD Kota Depok, Supriatni ketika dihubungi depokrayanews.com, Senin 6 Desember 2021.

Menurut Supriatni, Komisi D beberapa bulan lalu pernah memanggil manajemen kedua rumah sakit itu, karena dilaporkan belum menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Sementara 20-an rumah sakit lain di Kota Depok, sudah. Tinggal dua rumah sakit itu. ”Makanya kami panggil mereka, kenapa tidak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Mereka bilang, mau dan segera akan bekerjasama, sedang dalam proses,” kata Nanik—sapaan Supriatni menirukan janji majemen kedua rumah sakit itu.

Supriatni Ketua Komisi D DPRD Depok

Nanik kaget ketika diberitakan depokrayanews.com bahwa kedua rumah sakit itu belum kunjung menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan. ”Kalau begitu, kita akan panggil lagi mereka. Apa permasalahannya. Ini kan untuk kepentingan masyarakat banyak. Kalau kedua rumah sakit itu tidak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, tentu masyarakat yang menjadi peserta JKN tidak bisa berobat di rumah sakit itu. Padahal rumah sakitnya berada di lingkungan masyarakat,” kata Nanik.

Ketika ditanya kapan akan memanggil ulang manajemen kedua rumah sakit itu, Nanik berjanji akan segera menjadwalkan. ”Kita jadwalkan dulu, karena sekarang lagi padat agendanya,” kata anggota Fraksi Partai Golkar itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, di Kota Depok ada 24 rumah sakit. Dari jumlah itu, 22 rumah sakit sudah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga bisa melayani masyarakat peserta JKN. ”Tinggal 2 rumah sakit lagi yang belum yakni RS Puri Cinere dan RSIA Brawijaya yang terletak di Bojongsari,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kota Depok, Elisa Adam, Senin 6 Desember 2021.

Pihak RS Puri Cinere sudah beberapa kali sejak beberapa tahun lalu menyatakan kesiapannya untuk menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Tapi sampai kini belum terwujud dengan alasan sedang mempersiapkan persyaratan yang diminta BPJS Kesehatan.

Lain lagi dengan RSIA Brawijaya. Pihak BPJS Kesehatan sama sekali tidak bisa berkomunikasi dengan manajemen apalagi dengan direksi rumah sakit itu. RSIA Brawijaya pada 11 Januari 2018 diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan ketika itu.

Dari 22 rumah sakit di Depok yang sudah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan, termasuk rumah sakit terkemuka dan berjaringan seperti Mitra Keluarga, Hermina, Sentra Medika, Permata Depok, dan Bunda Margonda.(red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed