Jarang Sarapan Pagi Ternyata Bisa Memicu Kegemukan

Sebarkan :

 
Sarapan pagi sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh kita. Jarang sarapan ternyata bisa memicu kegemukan.

Sarapan pagi sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh kita. Jarang sarapan ternyata bisa memicu kegemukan.

Depokrayanews.com- Hati-hati bagi anda yang jarang sarapan pagi. Sebuah hasil penelitian menunjukan bahwa jarang sarapan pagi ternyata bisa memicu kegemukan. Nah, lho.

Ya, kita tahu bahwa sarapan pagi mempunyai peranan penting untuk menyimpan energi selama ativitas seharian penuh.

Ahli Gizi, Dr Samuel Oetoro, MS, Sp.GK mengatakan jika seseorang tidak sarapan menyebabkan gula darah rendah. Akibatnya pada siang hari seseorang akan kalap untuk makan siang karena kelaparan.

“Waktu tidak sarapan, pasti siangnya akan kalap makannya, itu langsung gula darah menjadi tinggi. Terjadi timbunan lemak dan berisiko menyebabkan obsetitas,” kata dia di Jakarta.

Menurutnya, penting bagi seseorang untuk mengonsumsi sarapan seimbang di pagi hari yang terdiri dari makanan karbonhidrat, protein, serat, vitamin dan mineral.

Rata-rata masyarakat urban Indonesia menghabiskan sekitar 11 jam dalam menjalani rutinitasnya yang padat termasuk ketika terjebak di tengah kemacetan.

Masyarakat dengan gaya hidup aktif membutuhkan asupan energi yang tinggi setiap harinya, sebab jumlah kalori yang terbakar pun berjumlah besar.

Data dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) menunjukkan, wanita berusia 25-35 tahun membutuhkan 2.150-2.250 kalori per harinya sedangkan pria dalam rentang usia tersebut membutuhkan 2.625-2.675 kalori.

Asupan nutrisi yang seimbang di pagi hari menjadi begitu penting, karena asupan makanan pertama dapat memenuhi 15-30 persen dari kebutuhan gizi sehari-hari.

Sehingga sarapan pagi merupakan awal yang baik untuk menjalani hari yang produktif dan penuh semangat. “Setelah hampir tujuh jam saluran pencernaan beristirahat selama tidur, tubuh membutuhkan asupan makanan untuk menyokong energi untuk beraktivitas,” kata dia. (red/rol)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Haji Acep Azhari, Tokoh Masyarakat Grogol Siap Menangkan Pradi-Afifah

Depokrayanews.com- Satu per satu mantan Tim Sukses Mohammad Idris pada Pilkada Depok 2015, kini beralih ...