by

Jelang Hari Raya Idul Adha, 200 Hewan Kurban di Depok Bergejala PMK.

DEPOKRAYANEWS.COM- Menjelang Hari Raya Idul Adha 2022, sekitar 200 hewan kurban di Kota Depok dilaporkan bergejala penyakit mulut dan kuku (PMK) dan kini tengah dilakukan isolasi, dipisahkan dari hewan yang sehat.

“Kurang lebih ada 200-an hewan kurban bergejala PMK. Tetapi sekali lagi ini belum bisa dibuktikan karena tidak dilakukan pengecekan melalui uji lab lagi, tapi ada gejala-gejala itu langsung dipisahkan, (dilakukan) tindakan isolasi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri di Rumah Pemotongan Hwan (RPH), Tapos, Depok, Kamis 7 Juli 2022.

Tapi Supian Suri tidak menjelaskan secara rinci hewan kurban yang bergejala PMK berasal dari wilayah mana. Yang jelas, kata dia, ada 22.000 hewan kurban masuk ke Kota Depok, yang terdiri dari domba, kambing dan sapi.

“Jumlahnya itu kurang lebih sekitar 22.000 ekor, sementara yang istilahnya kami rawat di Kota Depok, dengan berbagai upaya tempat dan lainnya kurang lebih 8.000,” kata Supian.

“Makanya itu dari mana (hewan kurban itu dipasok) kami enggak bisa sebut karena dari berbagai tempat. Intinya, di Depok sendiri Insya Allah steril, tinggal yang dari sana-sini yang kami cek lagi,” kata dia.

Pemkot Depok sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan PMK dari DKP3 Depok yang akan memantau hewan ternak di RPH ataupun lapak-lapak pedagang hewan kurban, masih layak dikonsumsi atau tidak disaat perayaan Idul Adha. “Alhamdulillah semua layak konsumsi, sehat, jadi untuk masyarakat Depok yang mengkonsumsi di Idul Adha. Insya Allah aman, karena kita juga melakukan antisipasi termasuk di lapak,” kata Supian. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed