by

Jelang Ulang Tahun, Kota Depok Macet Parah

Curah hujan yang tinggi membuat sejumlah ruas jalan digenangi air sehingga menimbulkan kemacetan seperti di turunan fly over Arif Rahman Hakim.
Curah hujan yang tinggi membuat sejumlah ruas jalan digenangi air sehingga menimbulkan kemacetan seperti di turunan fly over Arif Rahman Hakim.

DepokRayanews.com- Hampir semua ruas jalan utama di Kota Depok, Jumat (26/4/2019) malam mengalami macet parah setelah hujan deras mengguyur kota yang akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Sabtu (27/4/2019) besok.

Kemacetan parah itu dipicu oleh adanya genangan air di sejumlah ruas jalan utama, seperti Jalan Arif Rahman Hakim, jalan utama GDC, Jalan Kartini, dan Jalan Raya Sawangan. Genangan air paling parah terjadi di turunan fly over Jalan Arif Rahman Hakim, kawasan GDC dan di depan DTC Jalan Raya Sawangan.

Polisi tampak sibuk mengatur arus kendaraan di turunan fly over Arif Rahman Hakim, karena genangan air sangat tinggi. Banyak motor yang tiba-tiba mogok. Kondisi ini kemudian berdampak panjang sampai ke jalan Margonda Raya dan Jalan Dewi Sartika.

Macet panjang tampak terjadi di Jalan Kartini, Jalan Dewi Sartika, Jalan Tole Iskandar, Jalan Raya Margonda, Jalan Juanda, dan Jalan Raya Sawangan. ”Yah, anggap saja antrian panjang kendaraan karena macet ini seperti pawai kendaraan menjelang HUT Kota Depok. Sabtu besok Depok ulang tahun ke-20,” kata Andi, salah seorang warga yang terjebak macet di fly over Arif Rahman Hakim.

Awalnya Andi tidak tahu apa penyebab kemacetan yang dialaminya sejak keluar dari Jalan Juanda menuju Jalan Raya Margonda. ”Saya pikir ada pawai kendaraan malam-malam menyambut HUT Kota Depok. Tapi begitu melihat genangan air yang tinggi di turunan fly over Arif Rahman Hakim baru saya paham bahwa genangan air itulah penyebab terjadinya kemacetan,” kata Andi.

Zainal, seorang warga Beji menyebut kemacematan panjang akibat genangan air yang tinggi di turunan fly over sudah sering terjadi, tapi tetap tidak ada solusinya. Zainal menduga genangan air itu akibat tidak bagusnya drainase. Pihak Dinas PUPR Kota Depok sempat mengecek saluran air di jalan Arif Rahman Hakim. Ternyata saluran penuh sampah dan ada kabel besar yang dipasang di saluran air.

Wilayah lain di Kota Depok yang sudah terkena banjir, antara lain Taman Duta, Perumahan Permata, dan Kampung Utan. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *