by

Johnny G. Plate Jadi Tersangka, Surya Paloh: Partai NasDem Berduka

DEPOKRAYANEWS.COM- Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku sedih ketika Johnny G. Plate ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G BAKTI yang berdasarkan hitungan BPK, menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 8,32 triliun.

Usai menjalani pemeriksaan ketiga pada Rabu 17 Mei 2023, Jampidsus Kejaksaan Agung langsung menetapkan Johnny G. Plate sebagai tersangka. Sekjen Partai NasDem itu langsung mengenakan rompi warna pink dan kedua tangganya diborgol begitu keluar dari ruangan pemeriksaan.

Secara tegas Surya Paloh mengatakan saat ini Partai NasDem dalam kondisi berduka.”Kesedihan yang sukar untuk kami tutupi. Kami berupaya untuk menutupi ini, kami berupaya untuk kami tetap tegar, bisa tersenyum dengan teman-teman semuanya, kami upayakan itu,” kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Rabu 17 Mei 2023.

Surya mengakui, Johnny bukan kader NasDem pertama yang terjerat kasus korpsi. Sebelumnya juga ada. Akan tetapi, Surya Paloh merasa kali ini lebih sedih lantaran Sekjen yang menjadi tersangka.

“Tapi untuk hal yang terjadi kali ini, kepada saudara kami Johnny Plate, saya harus katakan sekali lagi, kami berduka untuk ini,” kata dia.

Surya Paloh mengatakan NasDem akan memberikan pendampingan hukum kepada Plate. Dia menegaskan bahwa bantuan hukum wajib diberikan kepada kader.

Dia juga menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Surya Paloh mengatakan NasDem berada di barisan depan dalam menjaga profesionalitas penegakan hukum.

“Proses hukum ini harus kita hormati. Kami tetap menghormati, tetapi sukar untuk mengusik apa yang terjadi di dalam perasaan emosi diri saya,” kata dia.

Surya Paloh lalu menunjuk Hermawi Taslim sebagai pengganti sementara Johnny G. Plate sebagai Sekjen Partai NasDem yang telah mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *