by

Jokowi Pilih Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Dudung Kandidat KSAD

Depokrayanews.com- Jenderal Andika Perkasa resmi dicalonkan sebagai Panglima TNI setelah Presiden Jokowi mengirimkan surat ke DPR berisi nama Andika sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sesuai ketentuan, Andika harus menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPR. Namun, sampai saat ini, belum ada keputusan kapan fit and proper test Andika digelar.

Ketua Komisi I DPR RI,Meutya Hafid menyatakan Komisi I DPR belum memutuskan waktu penyelenggaraan uji kelayakan dan kepatutan Andika karena baru akan dibahas dalam rapat internal komisinya yang digelar pada Kamis 4 November 2021 hari ini.

Sementara, Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan fit and proper test Andika bakal digelar Kamis 4 November 2021 setelah Badan Musyawarah atau Bamus menggelar rapat.

“Begitu Surpres diterima hari ini, Badan Musyawarah DPR langsung menggelar rapat dan menjadwalkan fit and proper test calon Panglima TNI besok sampai dengan Jumat,” kata Puan kepada wartawan, Rabu 3 November 2021.

Menurut Puan, hasil uji kelayakan dan kepatutan Andika akan dibawa ke Rapat Paripurna untuk disahkan pada Senin 8 November 2021, sehingga dalam lima hari ke depan sudah ada keputusan DPR untuk calon Panglima TNI.

Posisi KSAD sepeninggal Andika pun jadi sorotan. Sejumlah jenderal TNI AD bintang tiga jadi kandidat. Namun Fraksi Golkar di DPR menyebut Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal Dudung Abdurachman, merupakan sosok yang paling populer untuk menjadi KSAD.

Menurut anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, Dudung akan menjadi KSAD setelah Andika resmi menjabat Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa purna tugas pada akhir November 2021.

“Pak Dudung Pangkostrad paling populer untuk menggantikan KSAD, tanpa mengesampingkan para jenderal bintang tiga lainnya,” kata Bobby kepada wartawan, Rabu 3 November 2021.

Terpisah, Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, posisi KSAD harus segera diisi saat pelantikan Andika menjadi Panglima TNI. “Nanti pada saat pergantian panglima pelantikan, nah itu tentu saja harus segera pengisian KSAD yang baru,” kata Pratikno. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *