by

Jurus Ampuh Tangkis Penyakit Meningitis

Depokrayanews.com- Dokter Iris Rengganis, ketika masih bertugas di Divisi Alergi Imunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo, pernah berbagi tips menangkis penyakit berbahaya, meningitis.

Meningitis adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Ketika meradang, meninges membengkak karena infeksi yang terjadi.

Sistem saraf dan otak bisa rusak pada beberapa kasus. Tiga gejala meningitis yang patut diwaspadai adalah demam, sakit kepala dan leher yang terasa kaku.

Iris mengatakan, untuk beberapa kasus meningitis, perlindungan jangka panjang dapat dilakukan dengan pemberian vaksinasi, atau jangka pendek dengan penggunaan antibiotik.

“Beberapa perubahan perilaku dapat juga efektif,” kata Iris.

Meningitis bakteri dan virus bersifat menular, namun keduanya tidak semenular selesma atau flu.

Keduanya bisa ditularkan melalui droplet dari sekret pernapasan selama kontak dekat seperti ciuman, bersin, atau batuk, tapi tidak bisa disebarkan hanya dengan menghirup udara di mana seorang penderita meningitis berada.

“Meningitis virus biasanya disebabkan oleh enterovirus, dan paling sering disebarkan melalui kontaminasi tinja,” kata Iris.

Risiko infeksi bisa diturunkan dengan mengubah perilaku yang menyebabkan penularan.

Soal vaksinasi, sejak tahun 1980-an, banyak negara sudah memasukkan imunisasi terhadap Haemophilus influenzae B dalam program vaksinasi rutin anak.

Hal ini secara praktis telah menghilangkan patogen jenis ini sebagai penyebab meningitis pada anak di negara-negara tersebut.

Bagaimana dengan antibiotik? Antibiotik jangka pendek adalah sebuah metode pencegahan lain, terutama untuk meningitis meningokokus.

Pada kasus meningitis meningokokus, pengobatan pada orang yang mengonsumsi antibiotik (misalnya rifampisin, siprofloksasin, atau seftriakson) bisa menurunkan risiko terkena penyakit ini, tapi tidak melindungi terhadap infeksi di kemudian hari.

“Resistensi terhadap rifampisin mulai meningkat sejak digunakan, sehingga dianjurkan untuk mempertimbangkan penggunaan antibiotik lain,” kata Iris.

Jurus ampuh menangkis meningitis

1. Vaksin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit meningitis adalah dengan melakukan vaksinasi.

“Lakukan vaksinasi tersebut ketika berusia antara 11 hingga 12 tahun atau antara 16 hingga 21 tahun,” kata Iris. Usia-usia ini adalah umur rawan terkena meningitis.

2. Jangan Bertukar Barang

“Meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat menular melalui air liur serta ingus penderita,” kata Iris. Lebih baik gunakan peralatan milik Anda sendiri dan pastikan membersihkannya secara benar.

3. Jaga Jarak

Menjaga jarak dengan penderita meningitis sangat diperlukan.

“Bakteri yang terdapat pada cairan hidung maupun mulut dapat menular ketika bersin atau batuk,” kata dia.

4. Rajin Cuci Tangan

Rajin mencuci tangan merupakan salah satu cara pencegahan penyakit meningitis.

Hal ini wajib dilakukan ketika Anda baru saja dari kamar mandi, memegang uang, berada di tempat yang ramai atau baru saja bersin dan batuk.

5. Jaga Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, dan makanan berprotein dapat membantu menjaga kekebalan tubuh Anda.

Disarankan untuk melakukan olah raga agar tubuh Anda semakin kebal terhadap bakteri penyebab penyakit. “Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap fit,” kata Iris.

Sumber: (menshealth/alodokter)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *