by

Jusuf Kalla Bicara Piala Dunia U-20 yang Batal: Indonesia Harus Belajar Menjaga Komitmen

DEPOKRAYANEWS.COM- Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menyebut dicoretnya Indonesia oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 membuat semua masyarakat Indonesia kecewa dan sedih.

“Saya kira, semua sudah kecewa. Semua sedih,” kata JK dalam siaran persnya, Jumat 31 Maret 2023.

JK meminta agar persoalan ini menjadi pembelajaran untuk semua. Utamanya bagaimana upaya Indonesia dalam menjaga komitmen. “Saya kira, masalahnya ini adalah masalah komitmen. Sudah teken semua soal komitmen. Terus tarik. Hilang semua trust (kepecayaan),” kata Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu.

Untuk mengembalikan kepercayaan yang sudah tercoreng itu, kata JK butuh waktu yang cukup lama.”Yah harus penuhi komitmen dulu. Tapi ini butuh waktu yang lama,” kata pengusaha nasional itu.

Ketua Umum PMI itu pun kemudian menceritakan proses awal FIFA memberi kepercayaan kepada Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Semuanya berawal dari kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asia Games.

Saat itu, dunia melihat jika ternyata Indonesia sanggup melaksanakan event besar dengan baik yang disertai dengan prestasi yang baik. “Setelah itu kita kemudian melamar jadi pelaksana Olimpiade, melamar jadi penyelenggara World Cup,” terang JK.

“Tapi setelah dipercaya, terjadi ini. Dirusak lagi,” katanya menambahkan.

Di sisi lain JK mengajak agar kasus ini menjadi pembelajaran besar serta kembali bersama membangun kebersamaan dengan baik di masa yang akan datang. (mad/rol)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *