by

Kadis Kesehatan Depok: 3.693 Balita Mengalami Stunting

DEPOKRAYANEEW.COM- Dinas Kesehatan Kota Depok mencatat ada 3.693 balita, atau 3,42 persen dari total jumlah balita mengalami tengkes atau stunting.

Angka ini diperoleh berdasarkan hasil Bulan Penimbangan Balita yang digelar pada Februari 2022 yang dihimpun oleh aplikasi Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Balita Berbasis Masyarakat (EPPGBBM).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati mengakui angka tersebut menunjukkan kenaikan, tapi secara persentase mengalami penurunan.”Kalau angka absolutnya naik, itu karena yang ditimbang lebih banyak daripada tahunan sebelumnya. Tapi dari sisi persentase atau prevelensi itu turun,” kata Mary, Rabu 17 Agustus 2022.

Menurut Mary, angka stunting di Kota Depok termasuk terendah jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Jawa Barat. Berdasarkan survei status gizi Indonesia (SSGI) 2021, angka stunting di Kota Depok merupakan yang terendah se-Jawa Barat, yakni 12,3 persen atau menurun dari tahun 2019 sebesar 16,09 persen.

Untuk mengatasi persoalan itu, Dinas Kesehatan Kota Depok membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan.

Mary meminta setiap kelurahan menganalisis penyebab kenaikan kasus stunting. “Kami upayakan semua stakeholder itu memberikan masukan saran bagaimana upaya penurunan angka stunting. Karena kami berharap zero stunting,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed