by

Kampung 99 Pepohonan, Kawasan Wisata Keluarga yang Asri di Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Kampung 99 Pepohonan, nama tempat wisata ini memang unik dan menarik. Sesuai dengan namanya tempat ini memiliki cukup banyak pohon dari berbagai jenis, sehingga udara yang dirasa pun sejuk dan segar.

Lokasi Kampung 99 Pepohonan cukup dekat dengan Masjid Kubah Emas Depok, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok. Jadi kalau anda berkunjung ke masjid megah itu, maka perjalanan bisa dilanjut ke Kampung 99 Pepohoan. Tinggal menyeberang jalan, terus masuk jalan kecil yang agak menurun. Namanya Jalan KH. Muhasan II. Sampai di bawah, belok kiri. Tidak jauh dari situ kawasan Kampung 99 Pepohonan.

Di kota besar, apalagi penyangga Ibu kota seperti Depok, sangat membutuhkan tempat yang seperti ini. Lingkungan yang asri, menyatu dengan alam, tenang, dan adem.

Kampung 99 Pepohonan juga memiliki banyak fasilitas, mulai dari café atau restoran, arena bermain anak, kolam renang, hingga penginapan.

Berikut ulasan tentang Kampung 99 Pepohonan, sebagai bahan referensi wisata saat libur weekend bersama keluarga, teman, atau pasangan:

1. Lokasi dan Alamat Kampung 99 Pepohonan

Lokasi Kampung 99 Pepohonan berada di seberang Masjid Kubah Emas, tepatnya di alamat Jl. KH. Muhasan II, Keluarahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

Untuk menuju Kampung 99 Pepohonan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk bis sepertinya tidak bisa, karena akses jalannya yang tidak begitu lebar. Patokan sederhana untuk menuju lokasi itu adalah Kubah Emas.

Kampung 99 buka setiap hari dari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 wib. Tidak seperti kawasan wisata lain, di sini tidak ada tiket masuk, alias gratis. Taoi kalau anda ingin melaksanakan outbound ataupun menginap di Kampung 99 Pepohonan Depok, baru ada tarifnya. Fasilitas yang tersedia di sini, antara lain area parkir kendaraan, kamar mandi, tempat bermain anak, kolam renang, café atau restoran, penginapan, arena outbound, dan lapangan bola mini.

2. Sejarah Kampung 99 Pepohonan
Kampung 99 Pepohonan bermula dari kepedulian terhadap lingkungan oleh seseorang yang bernama Eddy Djamaluddin Suaidy, atau biasa disapa Abi. Tapi kini, Abi sudah tiada. Beliau meninggal pada 3 Maret 2022 dalam usia 71 tahun. Jenazah Abi dimakamkan tidak jauh dari kolam renang. ”Ya, Abi meninggal pada 3 Maret 2022 lalu,” kata Yaser, putra Abi kepada depokrayanews.com, Sabtu 26 Maret 2022.

Kemudian pada tahun 1989 beliau membeli tanah seluas 500 meter persegi di pinggir sungai irigasi di kawasan Meruyung, dimana sebidang tanah tersebut digunakan warga sekitar untuk membuang sampah.

Dari sanalah beliau mulai melakukan segala macam cara untuk membuat lingkungan yang asri dan teduh, sesuai dengan dambaanya. Niat beliau mendapat dukungan penuh dari keluarga, bahkan mereka ikut pula membantu.

Sebidang tanah yang dulunya dipandang sebelah mata, kini menjadi kawasan yang asri dan sejuk. Dan menjadi hunian serta wisata keluarga yang edukatif.

Dan penyematan angka 99 diambil dari jumlah Asmaul Husna, yang dimiliki oleh Sang Pencipta. Sehingga menjadi sebuah refleksi dari Yang Maha Hak, dan menjadi doa di setiap langkahnya.

Tapi kini, Abi sudah tiada. Beliau meninggal pada 3 Maret 2022 dalam usia 71 tahun. Jenazah Abi dimakamkan tidak jauh dari kolam renang. ”Ya, Abi meninggal pada 3 Maret 2022 lalu,” kata Yaser, putra Abi kepada depokrayanews.com, Sabtu 26 Maret 2022.

Komunitas sepeda dari berbagai wilayah sering berkumpul di Kampung 99 Pepohonan Depok.

3. Daya Tarik Kampung 99 Pepohonan
Ketika memasuki kawasan Kampung 99 Pepohonan anda disambut dengan rindangnya pepohonan di sepanjang jalan, sehingga terlihat sangat asri.

Terdapat banyak sekali jenis pepohonan yang ada di Kampung 99 Pepohonan, diantaranya ada pohon jati putih, pohon jati, beringin, damar, mahoni, kayu manis, kayu putih, trembesi, karet, ketapang, trembesi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan beberapa jenis pohon langka pun ada di sini.

Setiap harinya ada saja pohon yang ditanam di kawasan Kampung 99 Pepohonan ini, karena setiap pengunjung yang datang dan ingin melakukan kegiatan minimal harus membeli 1 pohon.

Kawasan ini pas banget untuk dijadikan wisata edukasi khususnya untuk anak-anak, ataupun sekedar jalan-jalan menikmati sejuknya udara. Tak sedikit pula dari para pecinta gowes yang mengunjungi Kampung 99 Pepohonan ini.

Selain menikmati rindangnya pepohonan, di sini juga ada berbagai jenis hewan mulai dari rusa, kambing etawa, sapi, kerbau, tupai, burung, ayam mutiara.

Kampung 99 Pepohonan memiliki fasilitas lengkap untuk keluarga Indonesia yang ingin menghabiskan waktu bersama. Beberapa fasilitas pendukung tersebut diantaranya: Arena bermain anak, Kolam renang, dan arena outbound. Di sini juga ada beberapa wahana bermain anak seperti ayunan dan perosotan di Kampung 99 Pepohonan, juga ada kolam renang yang dapat kamu gunakan sepuasnya.

Pimpinan Redaksi Depokrayanews.com, Despandri bersama, Abi inspirator dan penggagas Kampung 99 Pepohonan

Kolam renangnya terdiri dari kolam anak-anak dan kolam dewasa. Memang tidak begitu luas namun kolamnya sangat bersih.

Untuk anda yang ingin melaksanakan outbound di Kampung 99 Pepohonan, harus membayar biaya sebesar Rp. 125.000 per orang. Biaya itu sudah termasuk untuk pembelian pohon seharga Rp 25 5ibu, dengan minimal peserta outbound sebanyak 20 orang.

Dimana per pohonnya dihargai Rp. 25.000,-. Harga tersebut sudah termasuk biaya makan, snack, guide, souvenir dan beberapa kegiatan yang pastinya seru banget.

Selain terkenal dengan lingkungannya yang asri Kampung 99 Pepohonan juga terkenal akan wisata hewan qurbannya, dimana terdapat banyak pilihan hewan qurban dengan harga yang sesuai tentunya.

Bukan hanya untuk Qurban saja, kawasan Kampung 99 Pepohonan juga menyediakan kambing untuk acara aqiqah ataupun syukuran lainnya.

Di Kampung 99 Pepohonan juga ada café atau Restoran dengan nuansa alam yang sangat khas, dimana sangat kental akan rumah kayunya.

Menu yang ada di restoran atau café ini berasal dari kebun di sekitar Kampung 99 Pepohonan. Sehingga dijamin fresh dan enak pastinya. Yang senang menyeduh kopi, di sini tersedia banyak sekali jenis kopi. Dan catat, harganya sangat murah, hanya Rp 15 ribu per gelas. Barangkali inilah harga kopi sekelas cafe termurah di Jabodetabek. Kok bisa ? ”Tempat saya ngga sewa, punya sendiri, makanya saya bisa jual kopi dengan harga murah,” kata Yaser kepada depokrayanews.com. suatu kali.

Kampung 99 Pepohonan juga menyediakan tempat penginapan, berupa rumah kayu yang antik dan asri. Di belakangnya menghalir air sungai Pesanggrahan. Airnya berasal dari Bogor. Lokasinya sangat sunyi. Tidak ada suara klakson motor atau mobil. Tidak ada deru suara motor gede. Sangat tenang dan nyaman.

Terdapat beberapa tipe rumah kayu yang dapat dipilih, lagi-lagi pembayarannya melalui pembelian pohon, yakni ada yang 80 pohon hingga 100 pohon. (red/nativeindonesia)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed