by

Kapasitas Uji Swab RSUI Depok Kini Capai 100 Sampel per Hari

RSUI Depok

Depokrayanews.com- Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) di Depok kini sudah mampu melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) melalui uji swab secara mandiri sampai 100 sampel per hari. Kapasitas uji itu terus naik sejak dilakukan pertama kali pada 15 April 2020 lalu.

”Sejak tanggal tersebut kapasitas uji swab naik secara bertahap mulai dari 20 sampel per hari sampai saat ini Sabtu, 25 April 2020 mampu mencapai 100 sampel per hari,” kata Plt Direktur Utama RSUI Dr Sukamto melalui Humas RSUI, Kinanti, Sabtu 25 April 2020.

Menurut Dr Sukamto, sebelumnya RSUI melakukan uji spesimen di laboratorium lain. Namun berkat bantuan pendanaan dari pemerintah kota, provinsi, dan pusat maka pengembangan terus dilakukan sehingga RSUI bisa melakukan uji swas secara mandiri.

Ke depan RSUI akan meningkatkan kapasitas uji swab di laboratorium hingga mencapai 140 per hari dalam jangka waktu seminggu ke depan untuk mempercepat penanggulangan Virus Corona atau COVID-19.

Dr Sukamto mengakui, dana bantuan dari pemerintah atau pun donatur belum mencukupi permintaan masyarakat untuk menggratiskan biaya uji swab ke semua warga. Karena itu, untuk sementara waktu, pemeriksaan PCR COVID-19 diprioritaskan bagi warga Kota Depok yang memenuhi syarat. Seperti yang memiliki indikasi dan rujukan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan setempat.

“RSUI sedang mengupayakan agar seluruh sampel yang dirujuk resmi oleh Dinas Kesehatan Daerah yang telah bekerja sama dengan RSUI, dapat dibiayai,” kata dia.

Warga yang punya KTP Depok atau surat keterangan domisili di Depok, memiliki indikasi serta rujukan dari RS atau Puskesmas dapat melakukan pemeriksaan swab PCR COVID-19 di RSUI secara gratis.

Selain itu, rumah sakit di wilayah Kota Depok juga dapat mengirimkan sampel swab melalui UPTD Labkesda Kota Depok untuk Pemeriksaan PCR COVID-19 di Laboratorium Terpadu RSUI tanpa dikenakan biaya selama memenuhi syarat. Biayanya ditanggung oleh Pemerintah Kota Depok.

Hingga saat ini, Laboratorium Terpadu RSUI telah melakukan pemeriksaan PCR COVID-19 sebanyak 270 sampel. Dari jumlah tersebut, sebanyak 173 sampel merupakan sampel dengan pembiayaan bersubsidi. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *