Kasus Covid-19 Kota Depok Paling Tinggi di Jawa Barat

Sebarkan :

 

Covid-19 makin melebar ke mana-mana.

Depokrayanews.com- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat terjadi peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 di Jawa Barat selama sepekan terakhir. Totalnya mencapai 5,6 persen dan terjadi di lima Kabupaten/Kota yang berada di Provinsi Jawa Barat.

Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, dr. Dewi Nur Aisyah, mengatakan Kota Depok menjadi wilayah dengan kasus Covid-19 tertinggi di Jawa Barat. Bahkan Kota Depok menempati urutan 17 secara nasional.

Merujuk pada data yang ada, di Kota Depok ditemukan sebanyak 1.292 kasus konfirmasi Covid-19. Berikutnya, Kota Bekasi ditemukan sebanyak 947 kasus.

Menurut Dewi, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi ditemukannya banyak kasus di wilayah tersebut. Pertama adalah laju peningkatan yang sedang tinggi.

“Biasanya, bisa kita lihat dari tiga hal. Pertama adalah laju peningkatannya sedang tinggi. Bisa jadi ada yang positif, mungkin contact trackingnya belum berjalan untuk mengetahui untuk diadakan penyelidikan epidemologi, dia sudah keburu berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang yang lain,” kata Dewi dalam keterangan yang disiarkan akun Youtube BNPB, Senin 10 Agustus 2020.

Faktor berikutnya, kata dia, adalah adanya klaster baru dan jumlah tes yang ditingkatkan di wilayah Jawa Barat. Dari tiga hal tersebut, dia mengatakan, pihaknya juga tetap merujuk pada data kasus di Indonesia secara keseluruhan.

“Memang ada beberapa faktor penentu, tapi kami melihat keadaaan di Indonesia memang jumlah kasus saat ini bertambah, selain karena jumlah pemeriksaan yang bertambah, juga laju penularannya meningkat lebih tinggi,” kata dia. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jumlah Kasus Corona Dunia Tembus 30 Juta

Depokrayanews.com- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat jumlah kasus virus corona yang teregistrasi telah menembus 30 juta pada ...