by

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Ajak Semua Pihak Merenung

Depokrayanews.com- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak semua pihak, termasuk masyarakat untuk merenung setelah kasus positif virus corona (Covid-19) tembus angka 1 jatu orang.

Dari 1 juta orang yang terpapar Covid-19, sebanyak 820.356 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan 28.468 orang lainnya meninggal dunia.

“Angka ini memiliki makna dua hal yang harus kita sadari. Angka ini membuat kita harus merenung,” kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 26 Januari 2021.

Menurut Budi, renungan itu juga terkait dengan meninggalnya puluhan ribu orang usai terpapar Covid-19. Dari puluhan ribu yang meninggal itu, ada 600 tenaga kesehatan (nakes).

“Pengorbanan rekan-rekan kita, terutama tenaga kesehatan tidak sia-sia. Bagaimana kita harus bekerja keras ke depannya, bekerja sangat keras, bekerja ekstra keras,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, hari ini kasus positif Covid-19 tembus 1.012.350 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 820.356 orang dinyatakan telah pulih, 163.526 orang menjalani perawatan di RS atau isolasi mandiri, sementara 28.468 orang lainnya meninggal dunia.

Lonjakan kasus positif Covid-19 terjadi sejak masuk Januari 2021. Jumlah kasus positif baru beberapa kali berada di atas angka 10 ribu dalam satu hari.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengendalikan virus, mulai dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PSBB proporsional, hingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga saat ini. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *