by

Kasus Gagal Ginjal Akut di Depok, 4 Orang Anak Meninggal Dunia

DEPOKRAYANEWS.COM- Heboh kasus gagal ginjal akut atau GGA di Jakarta, ternyata di Depok sudah 4 orang anak meninggal dunia akibat mengonsumsi obat sirup.

”Ada 8 kasus gagal ginjal akut di Depok, 4 orang meninggal dunia dan 4 orang lagi sudah sembuh,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati kepada wartawan, Jumat 10 Februari 2023.

Menurut Umi, kasus gagal ginjal akut mulai terdeteksi di Kota Depok sejak Maret tahun lalu, tapi kemudian terus menurun. ”Sekarang belum ada temuan baru lagi, setelah 4 orang meninggal dan 4 orang lainnya sembuh,” kata Umi.

Namun demikian, Dinkes Kota Depok terus melakukan pengawasan terhadap obat yang menjadi biang keladi dari penyakit tersebut. Pengawasan itu berdasarkan pada obat yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM telah menyatakan obat bermerk Praxion telah lolos pemeriksaan. Sebelumnya, obat itu disebut-sebut menjadi salah satu penyebab penyakit mematiakan tersebut.

“Sepertinya BPOM sudah released tentang merk ini, sudah dinyatakan tidak mengandung zat yang menyebabkan GGA,” kata Umi Zakiati.

Untuk itu, kata Umi Zakiati, pihaknya telah menerbitkan surat himbauan dari Kepala Dinas Kesehatan, Mary Liziawati kepada Fasyankes atau fasilitas pelayanan kesehatan untuk meresepkan dan menjual obat sirup sesuai ketentuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan BPOM. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *