by

Kasus Positif Covid-19 Melonjak 42 Persen Pekan Ini

Depokrayanews.com- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan penambahan kasus positif Covid-19 pada pekan ini mengalami kenaikan yang tajam, yakni mencapai 42 persen.

Kenaikan kasus positif ini telah terjadi selama lima pekan berturut-turut. Kenaikan tertinggi terjadi di Pulau Jawa dengan penambahan kasus mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Satgas mencatat lima provinsi di Pulau Jawa yang berkontribusi terhadap kenaikan kasus positif Covid-19.

DKI Jakarta yang naik sebesar 13.022 kasus, Jawa Barat naik 6.449 kasus, Jawa Timur menambahkan 1.756 kasus, DIY menambahkan 1.322 kasus, dan Jawa Tengah naik 1.012 kasus. Sejalan dengan kenaikan kasus positif, kenaikan kasus kematian di provinsi ini juga menjadi yang tertinggi pada pekan ini.

“Hanya DIY yang angka kematiannya tidak meningkat tajam sehingga tidak masuk ke dalam lima besar,” kata Wiku, Kamis 24 Juni 2021.

Lima provinsi yang mencatatkan kenaikan kematian tertinggi, yakni DKI Jakarta naik 200 kasus, Jawa Tengah naik 96 kasus, Jawa Timur naik 79 kasus, Jawa Barat naik 73 kasus, dan Lampung naik 72 kasus. Wiku mengatakan, meskipun Provinsi Lampung tak mengalami kenaikan kasus yang tajam, kenaikan kasus kematiannya masuk ke dalam lima besar tertinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa efek dari periode libur panjang bisa terjadi dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan kenaikan kematian. “Pembelajaran yang dapat diambil adalah kesiagaan daerah terhadap situasinya masing-masing merupakan kunci untuk mengendalikan kasus,” kata Wiku.

Sementara, kenaikan kasus kesembuhan pada pekan ini hanya sebesar 20,1 persen. Hal ini, menunjukkan perlu segera dilakukan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan agar kematian dapat dicegah dan kesembuhan dapat ditingkatkan. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *