by

KBM SMP di Depok Mulai 13 Juli, Tapi Masih Virtual

Belajar di rumah diperpanjang.

Depokrayanews.com- Dinas Pendidikan (Diskdik) Kota Depok menetapkan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun ajaran 2020/2021 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dimulai pada 13 Juli 2020.

Namun karena masih masa pendemi Covid-19 ini, KBM dilakukan secara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau virtual.
Tanggal 13 tersebut adalah waktu dimulainya KBM berdasarkan kalender akademis. Namun, di Kota Depok, KBM dilakukan secara online di rumah masing-masing.

“Di masa pamdemi sekarang, belajar tidak dilakukan tatap muka langsung di sekolah, tetapi di rumah melalui PJJ dan pengawasan orang tua,” kata Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin, di Depok, Kamis 2 Juli 2020

Menurut Thamrin, pelaksanaan PJJ hingga 18 Desember mendatang. Meskipun PJJ di rumah, ada kebijakan baru yang diterapkan. Yaitu para pelajar tetap menggunakan seragam sekolah saat pelaksanaan PJJ.

“Siswa nantinya tetap menggunakan seragam sekolah saat PJJ. Jadi, terpantau kalau di jam belajar anak-anak harus di rumah,” kata dia.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Disdik Kota Depok, Mulyadi mengatakan belajar dengan sistem PJJ ini merupakan kegiatan yang baru dalam dunia pendidikan.

Meski begitu, dirinya tetap berharap, baik satuan pendidikan maupun orang tua, dapat mempersiapkan PJJ dengan baik.

“Tentuya semua itu harus ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana yang memadai. Karena itu, masing-masing sekolah perlu melakukan pembahasan dan pelatihan untuk guru, agar semuanya bisa menyiapkan instrumen pembelajaran yang sesuai,” kata Mulyadi. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *