by

KBRI Riyadh Perjuangkan Nasib Jemaah Umrah RI yang Sudah Dapat Visa

Bangunan Suci Kakbah

DepokRayanews.com- KBRI Riyadh melobi Kerajaan Arab Saudi untuk menerima jemaah Indonesia yang terlanjur mempunyai visa atau izin umrah. KBRI terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi.

Koordinasi itu guna memastikan pelaksanaan teknis dari kebijakan penghentian sementara layanan jamaah umroh di Arab Saudi.

“KBRI Riyadh juga memastikan koordinasi terkait keberadaan jamaah umroh warga negara Indonesia yang sudah tiba wilayah Arab Saudi,” begitu pernyataan KBRI Riyadh, Kamis 27 Februari 2020.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel saat ini sedang melakukan pendekatan kepada pemerintah Kerajaan Saudi untuk mengupayakan jamaah umrah Indonesia, yang sudah mengantongi visa umroh, diizinkan masuk ke wilayah Arab Saudi.

Permohonan itu akan diajukan atas pertimbangan bahwa Indonesia tidak termasuk dalam negara yang terkonfirmasi terkena wabah virus corona (COVID-19).

Berdasarkan komunikasi Dubes RI dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Mohammed Saleh Benten, diperoleh informasi bahwa Kementerian Haji dan Umroh sudah resmi menghentikan visa umrah untuk sementara.

Dubes RI juga sedang memperjuangkan nasib calon jamaah umroh yang sudah mendapatkan visa.

Seperti yang sudah disampaikan KBRI Riyadh pada 29 Januari 2020 lalu, KBRI mengimbau seluruh WNI di Arab Saudi untuk selalu menjaga kesehatan dan melakukan langkah pencegahan, antara lain dengan rutin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menghindari sentuhan langsung dengan hewan (hidup atau mati) serta tidak mengunjungi pasar hewan. (Antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *