by

Kemenag: Babi Ngepet Hanya Mitos

Depokrayanews.com- Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin menegaskan bahwa fenomena babi ngepet yang belakangan ramai jadi perbincangan publik di Kota Depok, hanyalah sebuah mitos karena tidak ada makhluk berbentuk babi ngepet atau babi jadian-jadian.

”Sebaiknya masyarakat tidak mudah percaya terhadap hal-hal mistis, asumsi terkait babi ngepet tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, bahkan mitos yang sebaiknya dihindari agar tidak meresahkan dan membuat kegaduhan di masyarakat,” kata Kamaruddin dalam keterangannya yang dikutip Kamis 29 April 2021.

Kamaruddin meminta masyarakat dan umat Islam harus berpikir realistis dan rasional. Ia pun berharap masyarakat dalam bekerja dan mencari rezeki tidak menggunakan jalan pintas. Bekerja, harus sesuai dengan ajaran agama masing-masing.

“Kalau mau sukses, atau menjadi orang kaya, dan lainnya, jangan menggunakan atau mencari jalan pintas yang bertentangan dengan hukum alam, hukum sosial, karena hasilnya juga pasti gagal, dan menimbulkan penyesalan,” kata dia.

Kamaruddin menilai fenomena babi ngepet kerap kali muncul di masyarakat di bulan Ramadan. Sebab, intensitas ritual keagamaan umat di bulan ini sangat tinggi. “Spiritualitas sangat terasa sehingga hal mistis atau mitos dalam hal tersebut,” kata dia.

Pandangan yang sama juga disampaikan peneliti bidang zoologi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Taufiq Purna Nugraha. Menurut dia, secara ilmiah tidak ada babi ngepet. Tapi Tufiq mengaku menghormati kepercayaan masyarakat sekitar.

“Kalau dari sudut pandang ilmiah sih, itu babi ngepet atau bukan, saya nggak bisa jawab, kalau di dalam ilmiah tidak ada itu istilahnya babi ngepet,” ujar Taufiq saat dihubungi Rabu.

Dia mengaku tidak mengetahui persis lokasi penemuan hewan diduga babi ngepet itu apakah dekat dengan daerah perbatasan perhutanan atau seperti apa. Meski demikian, dia menduga masih ada kawasan tutupan hutan di dekat Sawangan sehingga memungkinkan babi berkeliaran.

Sebelumnya, Warga kampung Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, dihebohkan dengan penangkapan seekor babi yang diduga babi ngepet atau babi jadi-jadian.

Kapolsek Sawangan AKP Rio Tobing mengatakan, pihaknya tak bisa menyimpulkan babi yang ditemukan warga adalah babi ngepet karena hanya berdasarkan dari cerita warga.

“Berdasarkan cerita ini kita belum bisa menyimpukan karena faktanya yang kami temukan hanya seekor (hewan) babi,” kata Rio. (ris/mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed