by

Kemenkes Catat 14 Ribu Anak Terinfeksi HIV

DEPOKRAYANEWS.COM- Kementerian Kesehatan mencatat ada 14.000 anak terinfeksi HIV dengan rentan usia 1 hingga 14 tahun. Bahkan ada yang berstatus sebagai pasien HIV positif seumur hidup.

Sementara itu, sebanyak 5.100 ibu rumah tangga setiap tahunnya justru terpapar HIV.

“Total jumlah kumulatifnya ada 14 ribu yang positif HIV. Artinya ini akan memengaruhi kualitas hidup mereka ke depan, masa depan anak-anak ini,” kata Juru bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril kepada wartawan, Selasa 9 Mei 2023.

Menurut dia, angka tersebut akan terus bertambah mengingat jumlah kasus HIV pada orang dewasa juga mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Dikatakan, penular HIV pada anak, terutama bayi adalah orang tua, khususnya ibu. Penularan bisa terjadi saat bayi dalam kandungan, selama proses melahirkan atau menyusui.

Jika banyak ibu yang tertular HIV, maka kemungkinan besar saat melahirkan anaknya juga akan terpapar HIV. Kecuali jika mereka berusaha mengobatinya dengan rutin menjalani pengobatan.

“Memang HIV tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah penularannya dengan pengobatan,” katanya.

Kasus penularan HIV pada ibu rumah tangga juga belum bisa dicegah. Bahkan, menurut catatan Kementerian Kesehatan sebanyak 5.100 ibu rumah tangga setiap tahunnya justru terpapar HIV.

“Tidak menjalani pemeriksaan karena tidak tahu (tertular HIV), makanya harus waspada. Banyak istri yang tertular dari suami,” katanya.(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *