by

Kemenkes Jadi Kluster Penyebaran Tertinggi Covid-19 di Perkantoran. Ini Penyebabnya

Achmad Yurianto

Depokrayanews.com- Kementerian Kesehatan (Kemkes) menjadi kluster penyebaran Covid-19 tertinggi di perkantoran/lembaga dengan 139 kasus.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Acmad Yurianto mengatakan,jumlah 139 kasus itu merupakan komulatif dari Mei sampai September 2020.

“Mereka yang terpapar ini semuanya bekerja di Kantor Pusat Kemkes di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan,” kata Yurianto kepada wartawan, Jumat 18 September 2020.

Yurianto menyebut pegawai tersebut terinfeksi saat bertugas. Sejak Covid-19 dilaporkan ada di Indonesia, banyak pegawai Kemkes yang ditugaskan terjun langsung dalam penanganannya.

“Mereka diterjunkan untuk membantu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan membantu penanganan pekerja migran Indonesia yang pulang ke Indonesia,” kata dia.

Mereka juga bagian dari tim Kemkes yang ditugaskan untuk memantau penanganan pasien di sejumlah rumah sakit Covid-19, termasuk RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

“Mereka ini bekerja secara bergiliran. Setiap kali selesai tugas mereka langsung dites swab. Semuanya dites, dan yang positif langsung diistirahatkan, diisolasi sampai sembuh,” kata Yurianto.

Pegawai yang terinfeksi tersebut sebagian besar sudah sembuh dan telah kembali bekerja. Sementara ada dua orang yang meninggal dikarenakan faktor usia dan menderita komorbid atau komplikasi. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed