by

Kemensos Nonaktifkan 18.315 Peserta BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran di Depok

Kadinkes Kota Depok, drg Novarita.

DepokRayanews.com- Kementerian Sosial menonaktifkan 18.315 peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan penerima bantuan iuran (PBI) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Novarita mengatakan, para peserta yang dinonaktifkan itu dapat mengajukan bantuan sosial (bansos). Bantuan tersebut akan diberikan sesuai dengan hasil verifikasi dan data yang diajukan masuk dalam kriteria.

Menurut Novarita, pemberian bansos ini sesuai dengan Peraturan Wali (Perwal) Kota Depok Nomor 2 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pembiayaan Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin di Luar Kuota PBI Jaminan Kesehatan dan Bantuan Sosial Tidak Terencana Bagi Orang Terlantar. Perwal itu menyebutkan penerima bantuan harus sesuai syarat yang ditetapkan, serta bersifat sementara kecuali dalam keadaan tertentu dapat berkelanjutan.

“Peserta tersebut bisa mengajukan bansos. Namun sebelumnya harus melengkapi syarat. Pihak Puskesmas juga bakal memverifikasi mereka,” kata Novarita, Kamis (8/8/2019).

Syarat yang harus diserahkan antara lain fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Depok yang masih berlaku, surat permohonan bantuan, surat keterangan diagnosa penyakit yang dikeluarkan dari fasilitas kesehatan, serta memenuhi 12 kriteria dari Puskesmas. Penerima bantuan juga harus menyertakan surat keterangan tidak mampu dari RT, RW, dan kelurahan.

Peserta juga harus melampirkan fotokopi bukti pembayaran PBB dan atau rekening listrik terakhir. Apabila tidak punya tempat tinggal sendiri, harus melampirkan surat pernyataan menyewa atau menumpang yang diketahui RT dan RW setempat. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *