by

Kementerian Agama Menutup Sementara Pendaftaran Haji Reguler

Kementerian Agama menutup sementara pendaftaran haji reguler.
Kementerian Agama menutup sementara pendaftaran haji reguler.

DepokRayanews.com- Kementerian Agama menutup sementara pendaftaran haji reguler, sambil menunggu proses pengalihan pengelolaan dana haji dari
Kementerian Agama (Kemenag) ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) selesai.

Pemberitahuan penutupan itu sudah disebarluaskan melalui surat edaran Nomor B-23001/Dj/Dt.II.I/KS.02/01/2018 tanggal 23 Januari 2018.

Isinya, meminta seluruh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi menginformasikan penutupan sementara proses pembatalan dan pengembalian dana BPIH reguler kepada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Kasubdit Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler Kementerian Agama, Noer Alya Fitra mengatakan dengan adanya pengalihan pengelolaan dana haji itu, otomatis nomor rekening juga berubah.

Selama ini umat Islam yang akan berangkat haji membayar sebesar Rp 25 juta ke Bank Penerima Setoran (BPS) yang telah ditentukan Kemenag untuk mendapatkan nomor porsi pemberangkatan.

“Perubahan rekening setoran BPIH ini berdampak pada layanan proses pendaftaran dan pembatalan haji. Perubahan rekening dilakukan sejak 12 Januari 2018,” kata Nafit, panggilan Noer Alya Fitra itu, Kamis (25/1/2018)

Sejak dilantik Presiden Jokowi pada akhir Juli 2017, BPKH bersiap menjalankan tugas yang diamanahkan UU No 34/2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji. Mulai 2018,

Dana haji itu akan dikelola oleh BPKH sehingga perlu dilakukan beberapa perubahan regulasi, termasuk perubahan rekening setoran haji dari atas nama Menteri Agama ke BPKH.

“Bila sebelumnya calon jemaah haji reguler membayar setoran awal BPIH ke rekening Menteri Agama. Mulai 12 Januari 2018, setoran awal dibayarkan ke rekening BPKH. Begitu pun dengan proses pembatalan pendaftaran, pelunasan, dan pengembalian dana setoran awal BPIH,” kata Nafit.

Saat ini Ditjen PHU dan BPKH terus bersinergi merampungkan Keputusan Bersama tentang pedoman pembatalan dan pengembalian BPIH regular.

“Saya berharap semoga Februari nanti sudah bisa dibuka kembali,” kata Nafit. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *