by

Kementerian Keuangan Cairkan BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta untuk 947.499 Pekerja

Depokrayanews.com- Kementerian Keuangan menyatakan telah mencairkan BLT subsidi gaji untuk 947.499 pekerja pada Selasa 10 Agustus 2021 hari ini. Bantuan dicairkan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta VII kepada rekening Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI Jamsostek) Kementerian Ketenagakerjaan.

“Hari ini telah dicairkan BSU melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta VII kepada rekening Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI Jamsostek) Kementerian Ketenagakerjaan, dengan nilai total Rp 947,499 miliar,” begitu ditulis dalam keterangan resmi Ditjen Perbendaharaan, Selasa 10 Agustus 2021.

Selanjutnya, Kemnaker akan meneruskan dana tersebut kepada penerima yang telah terdaftar.

Dalam penjelasan Dutjen Perbendaharaan disebutkan untuk mendukung sektor usaha dan mencegah pemutusan hubungan kerja, pemerintah tahun ini kembali menyalurkan BSU bagi para pekerja yang memenuhi syarat.

Penerima BLT berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan yang disampaikan kepada Kemnaker. Mekanisme penyaluran selanjutnya di bawah kewenangan Kemnaker.

Rencanya, BLT subsidi gaji diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 500 ribu per bulan selama dua bulan sekaligus. Secara total, buruh akan mendapatkan Rp 1 juta.

Pekerja yang mendapatkan bantuan ini hanyalah mereka yang memiliki gaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan. Selain itu, buruh harus menjadi peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *