Kenikmatan Kopi Liong Bulan Masih Menggoda Hingga Kini

Sebarkan :

 
Kopi Liong Bulan masih menggoda hingga kini sejak diproduksi tahun 1945 lalu.

Kopi Liong Bulan masih menggoda hingga kini sejak diproduksi tahun 1945 lalu.

Depokrayanews.com- Kopi adalah salah satu minuman paling di gemari di seluruh dunia. Sejak penemuannya pada abad ke 9 di Ethiopia, kopi terus berkembang hingga saat ini.

Penanaman dan perdagangan kopi sendiri dimulai pada abad ke 15 dan 16 di jazirah arab.

Pada perkembangannya kemudian kopi akhirnya berkembang ke seluruh dunia. Zat Kafein yang terdapat dalam kopi dipercaya mempunyai khasiat untuk memberi efek menyegarkan bagi tubuh.

Kedai-kedai kopi terus tumbuh dari zaman ke zaman. Saat ini kopi bukan lagi sekedar sebuah minuman yang menyegarkan.

Budaya menyeruput kopi di kafe-kafe sudah menjadi gaya hidup. Tak heran harga yang di tawarkan di kedai-kedai kopi modern bagaikan bumi dan langit dengan harga kopi di warung-warung kopi pinggir jalan.

Beragam cara penyajian kopi juga ditawarkan di kafe-kafe ini.Dari mulai kopi bercampur coklat, susu, sampai alkohol.

Industri pengolahan kopipun bermunculan di seluruh dunia. Kemudian bermunculan kopi-kopiinstan dalam bungkus-sachet sachet yang dianggap lebih efisien dalam penyajian nya.

Belanda adalah Negara yang pertama membawa kopi ke tanah air.Tanah jajahan nya ini di jadikan sebagai produsen kopi untuk melayani kebutuhan kopi di Eropa.

Kopi ditanam di daerah Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Saat itu kopi merupakan komoditi yang sangat menguntungkan buat Belanda.

Tak heran bila kemudian Belanda berusaha memperluas penanaman kopi di seluruh nusantara. Sisa-sisa perkebunan kopi dari Belanda inilah yang kemudian berkembang menjadi perkebunan-perkebunna kopi milik rakyat di beberapa daerah Di Indonesia.

Kopi-kopi dengan citarasa yang beragam akhirnya muncul di tiap-tiap daerah. Kopi Gayo, Kopi Toraja,Kopi Lampung sampai dengan kopi Luwak yang sangat fenomenal. Kekhasan tiap-tiap daerah dalam mengolah kopi membuat beragamnya rasa kopi yang ada ditanah air.

Produsen kopi di tanah air pun mulai mengembangkan usaha kopi Instan berskala nasional. Kopi denganembel-embel 3 in 1 ini menawarkan kepraktisan dalam menikmati kopi.

Kehadiran kopi-kopi bermerk dengan ruang lingkup nasional ini sedikit banyak mulai menggerus pangsa pasar kopi-kopi local yang ada di berbagai daerah.

Salah satu nya adalah kopi Liong Bulan, asal Bogor. Kopi Liong Bulan, Kopi khas Bogor mulai diproduksi sejak tahu 1945 hingga kini masih bertahan sebagai kopi favorit di Bogor.

Kopi ini pernah sangat Berjaya selama beberapa generasi .Namun sepuluh tahun belakangan, pesona nya mulai agak memudar.

Penikmat kopi khususnya generasi yang lebih muda lebih suka kopi-kopi besutan pabrik besar yang menawarkan aneka rasa kopi.

Kopi Liong bulan dari dulu hingga sekarang tetap setia dengan kopi hitam nya.

Bahkan bungkus plastic baru beberapa tahun belakangan ini di perkenalkan. Di tengah serbuan kopi nasional, sesungguhnya kopi Liong bulan mempunyai penggemar-penggemar fanatic.

Di tengah ketatnya persaingan diantara produsen kopi nasional, seperti kopi ABC, Torabika dan Kapal api, kopi asli Bogor ini masih terus bertahan.

Kualitas kopi yang baik dan rasa harum yang sangat menggoda hidung adalah daya tarik dari kopi ini.

Ketika bubuk kopi dituangi air mendidih, diamkan selama 3 menit kemudian aduk, segera saja akan tercium aroma kopi yang sangat kuat, menggugah selera,bahkan dari jarak beberapa meter.

Untuk para penikmat kopi hitam, inilah salah satu kopi terbaik yang dimiliki negeri ini.

Sayangnya kopi ini hanya beredar di daerah Bogor dan sekitarnya saja. Tak banyak orang di luar Bogor yang tahu keberadaan kopi Liong Bulan.

Sejalan dengan perkembangan kota Bogor, jangan sampai orang hanya mengenal Bogor dari Roti Unyil, Asinan, Pala manis,Talas
atau Factory Outlet nya saja. Jauh sebelum itu ada Kopi Liong Bulan yang melegenda hingga kini. (berbagai sumber)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Afifah Alia Bertemu Istri Satpol PP Kota Depok yang Tersengat Listrik

Depokrayanews.com- Calon Wakil Walikota Depok, Afifah Alia mengunjungi keluarga Rizky, anggota Satpol PP yang tengah ...