Kepala BKPM: Urus Investasi di Tengah Pademi Covid-19 Seperti Bermain Sepakbola

Sebarkan :

 

Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Depokrayanews.com- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pihaknya melakukan hal-hal yang tidak biasa untuk menggaet investasi di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

Bahlil menyebut cara yang dilakukannya seperti strategi bermain sepakbola, dengan taktik bermain bola yakni bertahan dan menyerang.

“Saya menganalogikan strategi itu dengan cara-cara bola. Kenapa? Saya katakan mengurus investasi di era pandemi harus bertahan dan menyerang seperti klub Juventus klub kesayangan saya,” kata di Jakarta, Kamis 30 Juli 2020.

Menurut Bahlil, startegi bertahan dan menyerang ini artinya memaksimalkan potensi investasi di dalam negeri, baik yang akan mulai menanamkan modalnya atau pun meneruskan investasi yang mangkrak.

“Kita selesaikan semua urusan dalam negeri kita, baik itu PMDN yang melakukan ekspansi, kemudian investor yang mengkrak kita selesaikan, itu bertahannya. Kemudian kita menyerang ke luar, kita membidik potensi investasi dengan sasaran yang pas,” kata dia.

“Jangan kita pakai cara-cara normal, kita pakai cara-cara yang engga normal. Kita selesaikan yang ada di depan mata, kita percepat izin mereka, kita kasih insentif yang dia butuhkan, apa persoalannya yang dihadapi. Negara harus hadir,” kata dia menambahkan.

Sepanjang semester I 2020 realisasi investasi yang masuk ke Indonesia sebesar Rp 402,6 triliun atau sudah mencapai 49,3 persen dari target Rp 817,2 triliun sepanjang tahun ini. Angka ini meningkat 1,8 persen secara year on year.

Dari realisasi tersebut penyerapan tenaga kerja mencapai 566 ribu orang dari 57,815 proyek investasi.

Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mendominasi realisasi investasi tersebut yang mencapai Rp 207 triliun atau setara 51,4 persen, sementara Penanaman Modal Asing (PMA) menyumbang Rp 195,6 triliun atau mencapai 48,6 persen. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Depok Harus Berani Melakukan Reformasi Birokrasi

Depokrayanews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono mengatakan perlu dilakukan reformasi birokrasi di pemerintahan ...