by

Kerajaan Bisnis Presiden AS Donald Trump sampai ke Bogor

Donald Trump
Presiden AS terpilih, Donald Trump.

Depokrayanews.com- Donald Trump
tanggal 20 Januari 2017 mendatang akan dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke 45.

Sejak awal kampanye sampai menjelang acara pelantikan Donald Trump selalu menjadi sorotan banyak pihak. Ini tidak lepas dari beberapa kontroversi yang muncul dari sosok Trump, termasuk soal pandangannya terhadap Islam.

Di sisi lain Trump menjadi sorotan karena kekayaannya yang luar biasa. Bahkan kekayaan Trump sampai ke Bogor, Jawa Barat.

Kerajaan bisnis yang dimiliki Trump diperkirakan berpotensi memicu konflik kepentingan setelah dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat.

Trump memiliki kerajaan bisnis di sedikitnya 25 negara, termasuk Indonesia, yang kesemuanya berada di bawah payung usaha The Trump Organization.

“Sebagai kepala eksekutif atau kepala negara tentu Trump bisa mengeluarkan keputusan baik yang bersifat domestik maupun internasional, yang menguntungkan kerajaan bisnisnya,” kata sejumlah politikus dari Partai Demokrat.

Sebagian besar penerimaan bisnis Trump berasal dari pembangunan berbagai properti dan lapangan golf, tapi ia juga menjual nama Trump ke sejumlah pengusaha properti di berbagai negara.

Sebagai presiden ia dibolehkan tetap berbisnis namun berdasarkan pengalaman masa lalu, presiden yang punya perusahaan menyerahkan pengelolaannya ke badan yang biasa disebut blind trust.

Ini semacam perwalian atau administrator independen yang menjalankan perusahaan demi mencegah konflik kepentingan.

“Blind trust inilah yang akan memegang uang dan aset Trump selama ia menjabat sebagai presiden dan Trump tak punya suara atas uang dan aset tersebut,” kata analis risiko Stephanie Hare kepada BBC, Rabu (11/01/2017)

“Yang kita ketahui sejauh ini adalah payung usaha Trump akan dijalankan oleh dua anaknya. Artinya masih ada hubungan langsung antara Trump dan berbagai usaha yang dikendalikan dua anaknya. Situasi ini bisa berpotensi memicu konflik kepentingan,” jelas Hare.

Di mana saja kepentingan bisnis Trump?

Di Indonesia, Trump sudah meneken kerja sama untuk membangun resor mewah ‘berbintang enam’ di Bali dan Bogor, Jawa Barat.

Koran New York Times memberitakan bahwa Trump mendirikan dua perusahaan pada pertengahan 2015 untuk menyiapkan pembangunan properti di Bali dan Bogor.

Mitra Trump di Indonesia, Hary Tanoesoedibjo, dan juru bicara The Trump Organization menegaskan bahwa dua proyek di Indonesia ini akan jalan terus dan Hary kepada New York Times mengatakan “tak akan ada konflik kepentingan” dalam proyek ini.

Di Buenos Aires, Argentina, perusahaan setempat mengumumkan akan membangun gedung perkantoran dengan menggandeng Trump setelah beberapa tahun mengalami penundaan.

Sedang di Kanada, The Trump Organization memiliki kesepakatan lisensi dengan dua hotel, masing-masing di Toronto dan Vancouver. Hotel di Vancouver akan dibuka Januari ini namun pembangunan hotel di Toronto harus dilelang karena pengembang dinyatakan bangkrut November lalu.

The Bank of China adalah salah satu bank terbesar di Cina dan mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah. Bank ini mengeluarkan pinjaman US$850 juta kepada New York Building, yang antara lain dimiliki oleh Trump.

Salah satu bank milik pemerintah Cina, The Industrial and Commercial Bank of China, punya kantor di Trump Tower dan membayar sewa ke Trump Organization.

Sementara itu, menantu Trump yang kini diangkat menjadi penasehat senior Gedung Putih, Jared Kushner, tengah merundingkan proyek poperti di 666 Fifth Avenue di New York dengan perusahaan Cina, Anbang Insurance Group.

Masih ada proyek atau kepentingan bisnis Trump di India, Jepang, Filipina, Taiwan, Turki, dan Inggris, yang membuat banyak kalangan khawatir ini semua akan memicu konflik kepentingan ketika Trump resmi menjadi presiden menggantikan Barack Obama.(bbc/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *