by

Ketika Imam Besar Istiqlal Mencium Kening Paus Fransiskus

DEPOKRAYANEWS.COM- Ada momen penuh haru penuh persahabatan usai Paus Fransiskus mengakhiri kunjungannya ke Masjid Istiqlal pada hari ini, Kamis 5 September 2024 saat Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, terlihat mencium kening Paus.

Dalam momen itu, Paus Fransiskus yang hendak bertolak menuju agenda berikutnya nampak menyapa warga sambil berfoto dengan para tamu undangan.

Saat itu Nazaruddin tampak mencium kening Paus Fransiskus, yang kemudian dibalas dengan Paus yang mencium tangan Imam Besar Masjid Istiqlal tersebut.

Paus Fransiskus telah selesai menghadiri kunjungannya ke Masjid Istiqlal pagi ini. Dalam kunjungan itu, dia sempat mendatangi Terowongan Silaturahimi yang menghubungkan Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal di bawah tanah.

Dalam pidatonya, Paus Fransiskus mengaku kagum dengan terowongan yang dapat menjadi tempat berdialog dan berjumpa bagi semua umat beragama.

“Ketika kita berpikir tentang sebuah terowongan, dengan mudah kita membayangkan lorong gelap dan terutama ketika kita sendirian, membuat kita takut. Namun di sini berbeda, sebab semuanya terang,” kata Paus Fransiskus dalam pidatonya di Masjid Istiqlal.

“Semua adalah terang yang menyinari terowongan ini dengan persahabatan Anda, dengan kerukunan yang Anda pelihara, dengan dukungan yang diberikan satu sama lain, dan dengan melakukan perjalanan bersama yang menuntun Anda pada akhirnya menuju terang yang sempurna,” kata Paus Fransiskus.

Setelah dari Istiqlal, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Di sana, pemimpin umat Katolik akan bertemu dengan Penerima Manfaat Organisasi Amal.

Menuju malam, Paus Fransiskus akan menggelar misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Paus Fransiskus akan memimpin sekitar 80 ribu umat Katolik saat misa berlangsung. Ia bahkan akan menyapa langsung puluhan ribuan umat Katolik dengan berkeliling di dua stadion GBK menggunakan mobil Maung MV3 buatan Pindad. (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *