by

Ketua KPU: Masa Kampanye Pemilu 2024 Dapat Dipersingkat Jadi 90 Hari

DEPOKRAYANEWS.COM- Ketua KPU Ilham Saputra mengatakan masa kampanye Pemilu 2024 dapat dipersingkat menjadi 90 hari atau 3 bulan. Hal itu tergantung kesiapan pemerintah dalam menyediakan logistik pemilu.

“Kalau 90 hari memungkinkan, itu tergantung bagaimana pemerintah mengeluarkan perpres atau peraturan agar kemudian dalam proses pengadaan logistik dipercepat,” kata Ilham di gedung DPR, Jakarta, Senin 24 Januari 2022.

Ilham mengatakan masa kampanye sangat terkait dengan logistik pemilu. Makin cepat pengadaan logistik pemilu, maka waktu kampanye juga akan disesuaikan untuk dipersingkat.

Dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR, Senin 24 Januari 2022, KPU mengusulkan masa kampanye selama 120 hari atau 4 bulan, dari 14 Oktober 2023 hingga 10 Februari 2024. Lamanya masa kampanye ini, kata Ilham, berdasarkan hasil simulasi jadwal dan tahapan pemilu yang dilakukan KPU.

Akan tetapi, Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tito Karnavian menolak usulan tersebut. Menurut Tito, masa kampanye empat bulan tersebut terlalu lama. Pemerintah, kata Tito, mengusulkan agar masa kampanye selama 90 hari atau tiga bulan saja.

Para anggota Komisi II cenderung mendorong agar masa kampanye dipersingkat agar lebih efisien, mencegah terjadinya polarisasi dan mengantisipasi situasi pandemi yang belum jelas berakhirnya. Masa kampanye ini akan diputuskan lagi oleh DPR, KPU dan pemerintah setelah melakukan simulasi tahapan dan jadwal Pemilu 2024.

Ilham mengatakan akan segera melakukan simulasi-simulasi tahapan dan jadwal Pemilu 2024. KPU, katanya, sudah menyiapkan rancangan tahapan dan jadwal Pemilu 2024. Tetapi harus dibicarakan lagi dengan pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilu yang lain. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *