by

Ketua MUI Depok : Ada Keterkaitan Erat Sebagai Umat Terbaik dengan Nahi Mungkar

DEPOKRAYANEWS.COM- “Sebagai orang tafsir, bilamana saya renungkan dengan saksama, ada keterkaitan spesial antara term atau istilah umat Islam sebagai umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, dengan konten dan prinsip dakwah. Dalam hal ini prinsip amar makruf nahi mungkar, yaitu menyuruh berbuat makruf dan mencegah dari yang mungkar,” demikian ungkap Dr KH Ahmad Dimyathi Badruzzaman pada acara Sarasehan Digitalisasi Dakwah di Gedung MUI Kota Depok Selasa 16 Agustus 2022 siang.

Ayat Allah dalam QS Ali Imran/3 Ayat 110 itu, kata Ahmad Dimyathi, juga bersambung kepada Hadis Shahih Nabi Saw yang berbunyi : Bilamana engkau menyaksikan suatu kemungkaran, maka cegahlah atau responslah dengan tanganmu, dengan lisanmu, atau dengan doa di dalam hati – dan itulah selemah-lemahnya iman.

Oleh karena itu, cegahlah dengan kekuasaanmu atau profesimu, dengan kata-kata atau tulisan yang bernas.

Tapi tentu saja, dengan qaulan shadida atau perkataan yang benar, dengan qaulan makrufa atau perkataan yang baik.

Sementara itu KH Mahfuz Anwar berpesan agar para pendakwah atau Assatidz tetap memperhatikan rambu-rambu dalam berkomunikasi publik yang santun, ringkas, jelas, bernas.

Sedangkan Andre Anjarkasih yang banyak berkiprah di youtube atau video lebih menekankan kepada short video yang atraktif, informatif dan komunikatif dengan peluang penghasilan jutaan bahkan puluhan juta dan seratus juta rupiah.

“Pengalaman saya selama mengasuh dialog Umat Bertanya, Ulama menjawab bersama Dr Ahmad Dimyathi Badruzzaman yang sudah 100 seri lebih, lebih banyak yang tertarik kepada persoalan sehari-hari antar umat,” ujar mantan sosok yang pernah berkecimpung di audio video di TVRI dan RCTI.

Dalam kesempatan sarasehan itu Ketum MUI melantik sepuluh orang Jurnalis/ awak media Tv MUI Depok serta media online dan Buletin MUI Depok. (Rel)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed