by

Ketua MUI Depok: Jelang Pesta Demokrasi 2024, Umat Butuh Dakwah Menyejukan

DEPOKRAYANEWS.COM- Bangsa Indonesia terutama Umat Islam membutuhkan dakwah yang informatif dan menyejukan baik di masa sekarang maupun menjelang hari-H pesta Demokrasi 2024 mendatang.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonedia (MUI) Kota Depok Dr KH Ahmad Dimyathi Badruzzaman dalam acara Sarasehan Dakwah Informatif dan Menyejukan Menyongsong Pesta Demokrasi 2024 di Gedung Dakwah MUI Kota Depok, Selasa 15 Agustus 2023.

Acara itu dihadiri para Assatidz dan Ustadzah dari 11 Kecamatan Depok.

“Sebagai juru dakwah, para Assatidz dan Ustadzah hendaknya menyampaikan dakwahnya yang menyejukan hati dan mencerahkan pikiran umat dan masyarakat. Sehingga dalam memilih dan melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai pemilik suara dan kedaulatan negara yang sah, masyarakat dapat bersikap dan berlaku tenang, tertib, nyaman, tentram, merdeka dan puas, ” kata Kyai Ahmad Dimyathi Badruzzaman.

Sembari bercanda Ketum MUI Depok itu menceritakan bahwa namanya sendiri yaitu Ahmad dipetik dari nama Nabi Muhammad Saw,

“Mungkin agar akhlaknya di mata orangtua saya yang Kyai di Karawang sana dapat meneladani akhlak Nabi. Ada pun nama Dimyathi bermakna agar saya menjadi ahli hukum Islam, sedangkan Badruzzaman berarti cahaya bulan purnama. Maknanya agar memberi kesejukan kepada umat,” kata dia yang disambut tertawa hadirin.

Ahli Tafsir dan Dosen PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Qur’an) itu mengajak segenap ulama di Depok untuk merujuk kepada Qur’an Surah Al-Anbiya/21 ayat 107 yang berbunyi : “Dan Kami tidak mengutus engkau Muhammad, melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.”

Selain itu juga berpedoman kepada pesan Allah kepada Nabi Musa As dan Nabi Harun As saat diutus untuk menghadap Fir’aun yang tersohor sebagai penguasa yang sombong, jumawa dan congkak di masanya : “Pergilah kamu berdua kepada Fir’ aun, karena dia benar-benar telah melampaui batas. Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan dia sadar atau takut,” (QS Thoha/20 ayat 43 – 44). Fir’aun sendiri sesumbar dan mengklaim dirinya adalah Tuhan yang paling tinggi, dan Allah memastikan si Fir’ aun itu bakal diazab di akhirat sebagaimana tersurat dalam QS An-Nazi’at/79.

Sementara itu Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Linda Ratnanurdiany, mengapresiasi dan memuji langkah Pengurus MUI Depok yang memprakarsai Sarasehan Dakwah yang Informatif dan Menyejukan Menyongsong Pesta Demokrasi 2024 tersebut.

Pihaknya salut dan berterima kasih kepada MUI Kota Depok, khususnya Komisi Infokom MUI Depok. Hal itu mencerminkan sikap antisipatif MUI terhadap perkembangan sosial – politik di tengah masyarakat.

“Pemerintah dan MUI serta masyarakat sesungguhnya sama-sama menginginkan agar Pemilu 2024 berjalan tertib, aman, tentram, menyenangkan. Dan dakwah yang informatif serta menyejukan hati dan pikiran kita adalah sebuah keniscayaan. Kiranya sikap partnership dan kerja sama yang positif ini perlu kita rawat bersama,” kata mantan Camat Pancoran Mas itu.

Tampil sebagai Narasumber Sarasehan yang mendapatkan sambutan hangat dan antusias para Pengurus MUI tingkat Kecamatan se-Kota Depok tersebut adalah Ketua Bawaslu Luli Barlini, pimpinan Komisi Infokom MUI KH Drs Mahfudz Anwar, KH Andre Anjarkasih yang juga Youtuber, serta dipandu oleh Rohmat Rospari. (ddn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *