by

Ketua Umum MUI Kota Depok : Sambut Puasa Ramadhan dengan Antusias dan Ikhlas

DEPOKRAYANEWS.COM- Beberapa hari lagi umat Islam se-Dunia yang kini berjumlah 1,6 miliar jiwa bakal memasuki bulan mulia puasa Ramadhan 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Ketua Umum MUI Kota Depok Kiai Dimyathi menyerukan agar seluruh umat Islam menunaikan shaum Ramadhan dengan sungguh-sungguh, penuh keikhlasan dan ketaatan.

Sebab perintah puasa, merujuk QS Al-Baqarah/2 Ayat 183, khusus hanya untuk orang-orang yang beriman, baik di masa kini maupun masa silam sejak Nabi Adam AS.

“Jadi hanya diperuntukkan bagi orang yang beriman saja. Bagaimana kalau orang tidak beriman kemudian mengerjakan puasa dengan khusyuk? Yah, percuma saja,” kata Kiai Dimyathi pada Kajian Ahad di Masjid Al-Muhajjrin Depok, pada Ahad 19 Maret 2023.

Menurut Kiai Dimyathi, hanya orang yang beriman yang mendapatkan kemuliaan puasa di dunia dan di akhirat nanti menjadi penghuni surganya yang luasnya seluas bumi dan langit, sebagaimana firman Allah dalam Surah As-Syura : Ayat 7 yang intinya manusia terbagi ke dalam dua kelompok nantinya, yaitu kelompok penghuni surga dan kelompok penghuni neraka.

Kiai Dimyathi adalah penghafal Qur’an 30 juz yang pernah menyabet juara khusus di MTQ internasional di Mekah dan dihadiahi oleh Raja Saudi untuk masuk ke dalam Ka’bah. Kian Dimyathi juga pendiri Ponpes Modern Al-Qur’an Darus-Sholihin Depok yang santrinya datang dari berbagai kota di Tanah Air.

Sehari-sehari Dimyathi adalah dosen di Sekolah Tinggi Quliyatul Qur’an Al-Hikam dan Dosen Pasca Sarjana PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Qur’an) Jakarta.

Menurut Dimyathi, orang kufur ketakutan dan menginginkan menjadi tanah saja ketimbang jadi orang.

“Kalau jadi tanah, mah, enak kagak dihisab,” kata kiai Dimyathi seraya mengutip QS An-Naba/78 : ayat 30 yang berbunyi : “Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (orang kafir) azab yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya, dan orang kafir berkats, ‘Alangkah baiknya seandainya dahulu aku jadi tanah.”

Perihal rezeki, kata Ketua Umum MUI Kota Depok, Allah memberikannya baik kepada orang beriman maupun orang kufur. Terkadang selintas mereka lebih kaya raya, sementara orang beriman hidup dalam kesederhanaan. Tapi tidak boleh irihati atau dengki.

“Mereka seakan punya segalanya. Yaitu hartanya berlipa-lipat, rumahnya bertingkat-tingkat, mobilnya mengkilap, istrinya cantik memikat, jumlahnya empat pula, belanjanya ke Amerika Serikat, makanannya serba lezat, kalau berpiknik dari Ciwidey hingga Hawai,” tuturnya yang disambut tawa hadirin peserta Kajian Ahad subuh 19 Maret 2023 di Masjid Al-Muhajjrin Depok.

Ketua Umum MUI Kota Depok itu menghimbau agar semua umat Islam menyambut bulan mulia Ramadhan ini dengan antusias.

“Syukur kalau bisa waktu mulai shaumnya bareng, pun saat Idul Fitrinya bareng juga. Saya kira sudah saatnya kita umat Islam bersatu dan bersepakat dalam beribadah,” tambahnya. (ddn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *