by

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto: 8 Partai Bersatu untuk Kedaulatan Rakyat

DEPOKRAYANEWS.COM- Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan pertemuan delapan partai politik hari ini terjadi karena memperjuangkan kedaulatan rakyat. “Pada siang hari ini, kita delapan partai politik bersatu untuk kedaulatan rakyat,” kata Airlangga, Minggu 8 Januari 2023.

Pertemuan tersebut menurut Airlangga adalah pertemuan pertama dan akan dilanjutkan secara berkala. “Tadi bersepakat pertemuan ini akan dilanjutkan secara berkala, untuk mengawal sikap partai politik ini,” kata Airlangga.

Mengenai ketidakhadiran Partai Gerindra, Airlangga menjelaskan, meski tidak terlihat, ikut menyetujui pernyataan yang dibuat hari ini. “Partai Gerindra sudah berkomunikasi, baik dengan saya maupun dengan Nasdem, Bang Ahmad Ali, dan sudah menyetujui statement yang dibuat hari ini,” kata Airlangga.

Airlangga kemudian membacakan pernyataan sikap bersama. Sehubungan dengan wacana diberlakukan kembali sistem pemilu proporsional tertutup, dan telah dilakukan judicial review di Mahkamah Konstitusi, kami partai politik menyatakan sikap sebagai berikut :
 
1.- Kami menolak proporsional tertutup dan memiliki komitmen untuk menjaga kemajuan demokrasi di indonesia yang telah dijalankan sejak era reformasi. sistem pemilu proporsional tertutup merupakan kemunduran bagi demokrasi kita. 

Di lain pihak sistem pemilu proporsional terbuka merupakan perwujudan dari demokrasi yang berasaskan kedaulatan rakyat, di mana rakyat dapat menentukan calon anggota legislatif yang dicalonkan oleh partai politik. kami tidak ingin demokrasi mundur. 

2. – Sistem pemilu dengan proporsional terbuka merupakan pilihan yang tepat dan telah sesuai putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 22-24/PUU-VI/2008 pada tanggal 23 Desember 2008 yang sudah dijalankan dalam tiga kali pemilu dan gugatan terhadap yurisprudensi akan menjadi preseden yang buruk bagi hukum kita dan tidak sejalan dengan asas _nebis in idem_

3. – KPU tetap menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu dengan menjaga netralitas dan independensinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan 

4. – Kami mengapresiasi kepada pemerintah yang telah menganggarkan anggaran Pemilu 2024 serta kepada penyelenggara Pemilu teruta KPU agar tetap menjalankan tahapan-tahapan Pemilu 2024 sesuai yang telah disepakati bersama

5. – Kami berkomitmen untuk berkompetisi dalam pemilu 2024 secara sehat dan damai dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tetap memelihara stabilitas politik, keamanan, dan ekonomi. (mad/rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *