by

Khawatir dengan Virus Corona, Tim Bulu Tangkis Indonesia Batal Ikut Kejuaraan di China

Susy Susanti.

DepokRayanews.com- Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) membatalkan keberangkatan tim bulu tangkis untuk mengikuti kejuaraan Lingshui China Masters 2020 karena wabah virus Corona yang melanda China. Turnamen level Super 100 itu rencananya akan digelar di Kota Lingshui, 25 Februari-1 Maret.

Indonesia awalnya hendak mengirim 44 pemain ke Lingshui China Masters 2020, di antaranya Juara Dunia Junior 2019, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah dan lainnya.

“Tapi karena situasi di China kurang kondusif, wabah virus Corona ini kan membahayakan sekali. Kami harus menjaga pemain kami. Kami dapat info juga beberapa tim Indonesia dari cabor lain yang sedang latihan di Tiongkok, juga sudah ditarik kembali ke Indonesia,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti dalam keterangan tertulisnya yang diterima Selasa, 28 Januari 2020.

Susy mengakui belum ada travel warning ke China. Namun PBSI memikirkan masa depan atlet-atlet muda dan menjaga mereka dari wabah virus mematikan tersebut. ”PBSI, mencari aman, apalagi menjelang Olimpiade 2020,” kata Susy.

Susy mengatakan, PP PBSI tetap menjaga hubungan baik dengan asosiasi bulu tangkis China dengan memberi penjelasan terkait penarikan pemain dari kejuaraan berhadiah total 90 ribu dolar AS tersebut.

PP PBSI juga telah memberikan laporan penarikan pemain di turnamen itu kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melalui Kasubid Hubungan International PP PBSI, Bambang Roedyanto.

PP PBSI kemungkinan besar juga akan membatalkan keberangkatan pemain ke Badminton Asia Championship 2020 yang rencananya akan dilangsungkan di Wuhan, awal April. Wuhan merupakan kota pertama di China yang menjadi lokasi penemuan warga setrmpat yang terjangkit virus Corona. Susy berpendapat, kemungkinan besar turnamen tersebut bisa saja dipindahkan ke negara lain. Sebab, kejuaraan itu merupakan penentu akhir poin menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Tim Indonesia tetap dijadwalkan mengikuti turnamen Badminton Asia Team Championship 2020 yang akan berlangsung di Manila, Filipina, 11-16 Februari 2020. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *