by

Kini Ada Layanan BRT dan JRC dari Sub Terminal Sawangan Menuju Jakarta, Ini Jadwalnya

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota Depok bekerjasama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan Bus Rapid Transit (BRT) dan Jabodetabek Residence Connection (JRC) untuk memberikan fasilitas transportasi publik kepada masyarakat di Kota Depok

Walikota Depok, Mohammad Idris menyebut, peluncuran bus itu dimaksudkan untuk mengungarangi kemacetan pada jam-jam sibuk seperti jam pemberangkatan dan pulang kerja, terutama di Margonda, Depok.

”Warga Depok 60 persenan adalah pengguna jasa angkutan umum untuk melakukan aktivitasnya bekerja di Jakarta. Makanya tranportasi publik ini sangat-sangat dibutuhkan oleh warga Depok,” kata Idris usai peluncuran bus itu, Rabu 24 Maret 2021.

Menurut Idris, selebar apapun jalan di Kota Depok, selama migrasi masih terus berlangsung 3,4 persen per tahunnya, maka tidak akan menyelesaikan kemacetan.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, BPTJ menargetkan pada tahun 2029 pengguna kendaraan pribadi di Jabodetabek akan beralih ke transportasi umum sebesar 60 persen. Saat ini baru sekitar 32 persen.

Sebelumnya layanan tersebut sudah tersedia di Perumahan GDC. Kini BRT dan JRC akan menghubungkan jalur pelayanan di wilayah Kecamatan Sawangan dikarena sudah ada jalur jalan tol di sana.

“Nanti ada dua titik, saat ini yang sudah berjalan yakni di GDC menuju Cempaka Putih yang memakan waktu hanya 1,5 jam, jadi lebih efisien,” paparnya.

Untuk jam pemberangkatan dari titik Sawangan dimulai pukul 05.30 WIB, 06.00 WIB, dan 06.30 WIB. Untuk jadwal kepulangan dari MRT Lebak Bulus maupun Juanda, dimulai pukul 16.30 WIB, 17.30 WIB, dan 20.30 WIB.

Harga yang diberikan cukup ekonomis untuk Terminal Sub Sawangan sebesar Rp 25.000 dan Garden At Candi Sawangan sebesar Rp 20.000.

Untuk memberikan rasa kenyamanan kepada penumpangnya, BRT dan JRC telah dilengkapi sejumlah fasilitas seperti wifi, AC, sampai colokan listrik ada. Tidak lupa pengguna jasa JRC juga dapat menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu masyarakat akan merasakan kenyamanan menggunakan jasa JRC sehingga beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *