by

Kini ke Jakarta Bisa Naik Bus JRC dari Kawasan GDC Depok

Inilah salah satu bus JRC yang melayani warga Depok menuju Jakarta.

DepokRayanews.com- Bus Jabodetabek Residensial Connexion (JRC) yang melayani masyarakat dari kawasan pemukiman di Depok menuju Jakarta mulai beroperasi sejak Senin 23 Februari 2020 lalu.

Ujicoba operasional Bus JRC itu dimulai dari GDC – Halte Juanda – PintuTol Cijago-ITC Cempaka Mas sejak Rabu 26 Februari 2020. Bus berangkat pukul 06.00 dan 06.15 WIB dari Depok dan kembali dari Jakarta pukul 17.00 dan 17.15 WIB.

Layanan bus JRC itu bersifat premium, tidak boleh ada yang berdiri. Nanti ke depan, sejumlah angkot yang melayani area GDC bisa jadi feeder JRC,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana di Depok, Kamis 27 Februari 2020. Selama ujicoba, BPTJ menetapkan tarif sebesar Rp 15 ribu.

Kedepan akan dikembangkan bus tujuan Lebak Bulus dan Lapangan Banteng. Begitu juga ketika pintu Tol Sawangan 4 dibuka, bus JRC akan diujicoba dari permukiman Sawangan Permai/Sub Terminal Sawangan ke Jakarta. Saat ini baru tersedia 2 bus berkapasitas 50 penumpang.

Menurut Dadang, penggunaan angkutan pribadi di Kota Depok masih tinggi. Salah satunya karena belum tersedianya transportasi publik yang nyaman dan efisien. Tingginya penggunaan angkutan pribadi menjadi penyumbang kemacetan lalu lintas.

”Karena itu, kami coba berkolaborasi dengan para pihak dengan prinsip collaborative governance terutama BPTJ, Dishub DKI, TransJkt, PPD, GDC dan warga. Tujuannya memberi kemudahan akses layanan transportasi publik langsung dari sumbernya dan mengurangi penggunaan angkutan pribadi,” kata Dadang. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *