by

Kini Kesultanan Selaco di Tasikmalaya yang Bikin Geger karena Mengaku dapat Legalitas dari PBB

Kesultanan Selaco (istimewa)

DepokRayanews.com- Setelah Kerajaan Agung Sejagat dan Sunda Empire, kini masyarakat digegerkan lagi dengan munculnya Kesultanan Selaco atau biasa disebut Selacau Tunggul Rahayu di Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rohidin (41) pencetus Kesultanan Selaco menyebut Kesultanan Selaco sudah ada sejak 2004. Artinya, sudah ada sejak sebelum kehebohan Kerajaan Agung Sejagat maupun Sunda Empire.
Rohidin mengatakan kesultananya lebih fokus pada pelestarian budaya Sunda atau leluhur pada saat kerajaan Padjadjaran dipegang oleh Surawisesa. Kegiatan kebudayaan maupun aktivitas kesultanan juga sering digelar secara terbuka dan bisa disaksikan langsung oleh siapa saja.

“Kesultanannya ini pun sudah mendapatkan legalitas resmi dari lembaga Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tahun 2018 lalu,” kata Rohidin.
Pengakuan terhadap warisan kultur budaya peninggalan sejarah kerajaan Padjadjaran saat dipimpin oleh Raja Surawisesa. “Kami ajukan tahun 2004 silam, dan diakui oleh PBB itu tahun 2018. itu fakta sejarah tentang legalitas kami sebagai warisan budaya,” kata dia.

Rohidin menambahkan, kesultanan miliknya berbentuk yayasan dengan daerah teritori yang mencakup wilayah selatan priangan timur yang meliputi Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran.
Dalam yayasan itu, terdapat beberapa posisi seperti menteri atau mangkubumi dan keprajuritan.

“Legalitas dari PBB tadi itu meliputi nomor warisan dan izin pemerintahan kultur. Kedua, izin referensi tentang keprajuritan. Lisensi yang diberikan yaitu seni dan budaya,” ujarnya.
Rohidin menegaskan, meskipun dirinya berbentuk kesultanan, namun membantah kesultanannya merupakan negara di dalam negara.

Bagi Rohidin, NKRI tetap harga mati. Kesultanan hanya bentuk upayanya melestarikan kebudayaan.
“Buat kami NKRI itu harga mati dan segala-galanya. Kami ini penggiat budaya. mengajak kepada generasi muda dan masyarakat untuk tahu budayanya dan melestarikannya,” kata Rohidin.

Sumber:ayotasik.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *