by

Koalisi Indonesia Maju Sepakat Usung Ridwan Kamil- Suswono di Pilkada Jakarta

DEPOKRAYANEWS.COM- Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengakui Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepakat mengusung pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta. Pasangan ini akan diumumkan pada 19 Agustus 2024.

Ridwan Kamil merupakan kader Partai Golkar, sementara Suswono adalah politikus PKS. Karena itu KIM bakal jadi KIM Plus dengan bergabungnya PKS.

“Iya (RK-Suswono), dan akan diumumkan tanggal 19 Agustus,” kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat 16 Aguatus 2024.

Namun, ia masih enggan membocorkan di mana deklarasi akan dilaksanakan. Dasco meminta awak media untuk bersabar.

Sebelumnya, RK telah diusung oleh KIM di Pilkada Jakarta 2024. Belakangan isu KIM Plus di Jakarta pun menguat. Beberapa parpol di luar KIM yang akan bergabung ke koalisi di antaranya PKS dan NasDem.

Tanggal pengumuman cagub-cawagub yang sama juga dilontarkan oleh PKS.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyebut mereka juga akan mengumumkan paslon cagub-cawagub Jakarta pada 19 Agustus.

Namun, ia masih enggan membeberkan siapa sosok yang akan diusung nanti, termasuk apakah mereka akan bergabung KIM atau tidak.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga menanggapi isu cawagub Ridwan Kamil bakal berasal dari PKS.

“Nanti pada saatnya kita umumkan. Biar ada apa ya. Ya, ada ketegangan dikit. Tapi kalian sudah tahu lah, wartawan lebih tahu kadang-kadang,” ujar Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis 15 Agustus 2024.

Namun Prabowo tidak menjawab ketika ditanya apakah pendamping RK adalah politisi senior PKS Suswono.

“Saya kira ini semua proses ya,” ujarnya.

Sejauh ini belum ada kandidat lain dari parpol yang akan maju di Pilkada Jakarta. Pasangan calon independen yang dinyatakan lolos adalah Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Namun pasangan ini kini menghadapi masalah dugaan pencatutan NIK sebagai syarat dukungan calon perorangan.

Anies Baswedan yang sempat mencuat sebagai calon gubernur akhirnya harus gigit jari karena tidak dapat tiket setelah PKS dan PKB bergabung ke KIM. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *