by

Komentar Jokowi Usai Disuntik Vaksin Covid-19: Tidak Terasa Sama Sekali

Depokrayanews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan orang yang pertama divaksin Corona di Indonesia.
Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 13 Januari 2021 pukul 09.42 WIB.

Dalam siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menerima dosis pertama vaksin Covid-19 Sinovac. Sebelum disuntik, Jokowi dites tekanan darah dan ditanya ada atau tidaknya gejala yang ia rasakan.

“Selama ini tekanan darah bagus ya,” kata tim vaksinasi COVID-19.

“Lama nggak diperiksa,” kata Jokowi.

Jokowi lalu ditanya apakah pernah terkonfirmasi positif Covid-19. Jokowi memastikan negatif Covid-19.

“Tidak (pernah terkonfirmasi Covid-19). Hanya batuk kecil, uhuk,” kata Jokowi.

Setelah itu proses penyuntikan dilakukan di meja ketiga. Tak lama kemudian, Prof Dr Abdul Muthalib, Wakil Ketua Dokter Kepresidenan menyuntikkan vaksin ke tubuh Jokowi.

“Nggak terasa sama sekali,” kata Jokowi saat ditanyai oleh dokter tentang apa yang ia rasakan setelah diberi vaksin.

Selain Jokowi, sederet pejabat lain juga turut divaksinasi. Di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua PB IDI dr Daeng M Faqih, Panglima TNI, Kapolri dan sejumlah tokoh lainnya.

Meskipun proses vaksinasi dimulai hari ini, Jokowi tetap mewanti-wanti kepada masyarakat akan protokol kesehatan. Pesan Jokowi disampaikan oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

“Namun, dalam berbagai kesempatan, Presiden selalu ingatkan para menteri, khususnya Kasatgas Covid-19, adanya vaksin ini jangan sampai membuat kita kendor. Vaksin ini harus diimbangi kepatuhan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dilarang berkerumun, dan mencuci tangan,” kata Doni dalam konferensi pers yang digelar Senin 11 Januari 2021 lalu.

Vaksinasi Corona harus tetap diselaraskan dengan disiplin penerapan protokol kesehatan. Seperti diketahui kondisi ketika kasus aktif Corona di Tanah Air justru sedang meningkat. “Tak cukup hanya diri sendiri, tapi harus dikembangkan ke seluruh masyarakat sekitar kita,” kata Doni. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed