by

Kondisi Kesehatan tidak Dapat Diprediksi, Dani Lindungi Diri dengan Program JKN-KIS

 

Dani Sulistyo Widodo salah satu peserta JKN-KIS

  

Depokrayanews.com– Memiliki jaminan perlindungan diri kini telah menjadi salah satu kebutuhan utama, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini, kondisi kesehatan masyarakat mudah terganggu dan terinfeksi virus yang sedang melanda.

Untuk itu, melindungi diri dalam Program JKN-KIS sangat penting. Seperti yang dilakukan oleh Dani Sulistyo Widodo, seorang peserta JKN-KIS asal Kota Depok.

Dani berbagi kisahnya seputar Program JKN-KIS. Setelah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, Dani dan keluarganya merasa lebih aman dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

“Situasi saat ini sangat sulit untuk diprediksi. Kondisi kesehatan pun sangat rentan untuk mengalami gangguan. Tapi karena memiliki kartu JKN-KIS, saya dan istri merasa lebih tenang untuk bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari lainnya,” kata Dani, Senin.

Menurut Dani, melindungi diri dengan menjadi peserta JKN-KIS sangat bagus. Hal itu dikarenakan iuran JKN-KIS masih sangat terjangkau dan manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan dengan asuransi komersial yang tentu iurannya sangat mahal.

“Menurut saya Program JKN-KIS yang paling bagus dijadikan sebagai pilihan untuk memproteksi diri. Walaupun sejujurnya saya belum pernah menggunakan, namun saya sudah sering melihat orang-orang terbantu berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS, termasuk mertua saya sendiri pernah tertolong untuk menjalani operasi dengan menggunakan kartu JKN-KIS,” kata Dani.

Meskipun belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat, namun Dani tidak pernah merasa rugi membayar iuran JKN-KIS.

Justru sebaliknya ia bangga dan berkomitmen untuk terus membayar iuran secara rutin dan tepat waktu. Karena ia paham bahwa iuran yang ia bayarkan digunakan untuk membantu peserta JKN-KIS lainnya yang membutuhkan.

“Tidak pernah sekalipun terbesit dipikiran saya rugi membayar iuran JKN-KIS karena tidak menggunakan. Karena saya sangat paham bahwa Program JKN-KIS ini sistemnya gotong royong. Iuran peserta yang sehat digunakan untuk membantu peserta yang sakit. Saya justru berharap untuk tidak pernah menggunakan, itu berarti saya sehat terus,” kata Dani. (DT/mr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed