by

Kopi Kenangan Mejeng di Billboard Nasdaq, Sandiaga Uno Merasa Bangga

Depokrayanews.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, memberi apresiasi atas keberhasilan Kopi Kenangan menjadi unicorn segmen food and beverages (F&B) pertama se-Asia Tenggara.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, @sandiuno, Menparekraf memperlihatkan foto iklan di billboard bertuliskan “Nasdaq congratulates Kopi Kenangan as The First New Retail F&B Unicorn in South East Asia!”.

Sandiaga Uno mengaku bangga terhadap produk serta kinerja Kopi Kenangan yang berhasil menembus valuasi unicorn dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

“Kopi Kenangan baru saja menjadi Unicorn kategori F&B (makanan dan minuman) pertama di Asia Tenggara dengan nilai valuasi menembus 1 miliar dolar Amerika Serikat. Bangga dengan produk karya anak bangsa!” kata Sandiaga Uno, melalui akun media sosial Instagram @sandiuno, Kamis 6 Januari 2022.

Sandi mengungkapkan, sejak Kopi Kenangan berdiri hingga kini mampu menyerap ribuan tenaga kerja dengan mendirikan gerai yang tersebar di sejumlah tempat di Indonesia. Bagi Sandi, pencapaian tersebut merupakan bagian dari digitalisasi produk suatu bisnis.

“Dari sejak didirikan, Kopi Kenangan telah berhasil menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 3.000 karyawan, dengan 600 gerai tersebar di 45 kota di Indonesia. Keren!,” ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf menyampaikan harapan bahwa keberhasilan Kopi Kenangan dapat menjadi inspirasi bagi para pengusaha lainnya untuk dapat tumbuh dan berkembang. Sementara itu, Kopi Kenangan turut mengunggah pencapaiannya di media sosial. “What a surprise! Terima kasih @nasdaq untuk dukungan dan ucapannya terhadap Kopi Kenangan yang telah menjadi F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Diketahui Kopi Kenangan mendapat suntikan modal pendanaan Seri C tahap pertama senilai 96 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp 1,3 triliun. Melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan menembus USD 1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan ritel bidang F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara,” kata CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, dalam siaran resminya, akhir tahun lalu.

sumber:iNews.id

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed