by

Kota Depok Darurat Sampah, 1.100 Ton Masuk ke TPA Cipayung Setiap Hari

DEPOKRAYANEWS.COM- Jumlah sampah Kota Depok yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung terus mengalami peningkatan di setiap harinya. Biasanya sampah yang masuk ke TPA Cipayung sekitar 1.000 ton per hari. Tapi kini melonjak jadi 1.100 ton per hari.

“Sampah Kota Depok yang masuk ke TPA Cipayung saat ini mencapai 1.100 ton setiap harinya. Artinya ada penambahan sekitar 100 ton per hari,” kata Kepala UPT TPA Cipayung Dadan Ardan Kurniawan kepada wartawan du Depok,Senin 23 Mei 2022.

Menurut Ardan, idealnya lahan untuk sampah di TPA Cipayung 1,3 juta meter kubik. Tapi kini sudah mencapai 2,5 juta kubik, dengan ketinggian rata-rata 23 meter. Beberapa waktu lalu, tumpukan sampah yang sudah melebihi kapasitas itu, longsor.

“Karena daya tampungnya sudah melebihi kapasitas, sehingga terjadi longsor saat menjelang Lebaran, dan kami langsung melakukan penataan sekitar satu pekan pascalebaran kemarin,” kata dia. Selain kelebihan kapasitas, longsor juga terjadi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi pada saat itu. Sampah yang masuk ke TPA Cipayung setiap harinya terus mengalami peningkatan, sebelumnya per hari sampah yang masuk sebanyak 1.000 ton, kini mencapai 1.100 ton. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *