by

KPK Sebut ada Geng Pejabat Berlimpah Harta di Kementerian Keuangan

DEPOKRAYANEWS.COM- KPK menyebut pejabat-pejabat dengan harta berlimpah di Kementerian Keuangan seperti Rafael Alun Trisambodo dengan istilah ‘geng‘.

“Kita (KPK) juga mendengar ada geng-gengnya seperti ini. Tapi kan kita perlu cari tahu bagaimana polanya,” kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan kepada wartawan di Gedung KPK, Rabu 1 Maret 2023.

Menurut Pahala, ini bukan hal sederhana. Karena mereka orang keuangan. ”Jadi mereka tahu ke sana-kemarinya. Kita ingin tahu polanya dahulu, baru ke yang lain,” kata Pahala

Pahala menyebut geng tersebut bukan seperti geng anak sekolah. Kendati demikian, Pahala mengakui bahwa ada pola yang tengah mereka telusuri bagaimana pejabat-pejabat tersebut saling terhubung dan meraih penambahan harta.

“Penting untuk cari tahu polanya, seperti PPATK sebut menggunakan perantara, melalui PT, dan sebagainya. Ini yang kami ingin dapatkan polanya,” kata Pahala menambahkan.

Rafael pada hari ini menjalani proses klarifikasi oleh KPK mengenai harta kekayaan sejumlah Rp56 miliar. KPK menyatakan akan mendalami kepemilikan Jeep Rubicon dan Harley Davidson dalam pemeriksaan tersebut.

Aset yang kerap dipamerkan putra Rafael, Mario Dandy Satrio, itu tidak tercantum dalam laporan harta kekayaan yang disampaikan Rafael kepada KPK.

Selain itu, KPK juga akan mengonfirmasi kepada Rafael perihal dugaan kepemilikan rumah mewah di beberapa daerah.

“Saya kira semua yang terkait dengan kepemilikan harta yang didaftarkan oleh yang bersangkutan menjadi materi klarifikasi,” kata Plt. Juru Bicara Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *