by

KPK Terima 3.708 Aduan Kasus Korupsi, DKI Jakarta Paling Banyak

Depokrayanews.com- Sepanjang Januari – 1 Desember 2021, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima 3.708 pengaduan masyarakat tentang dugaan korupsi. Paling banyak terjadi di DKI Jakarta yakni 471 aduan.

Dari 3.708 aduan itu, 3.705 aduan masuk ke tahap verifikasi dan sisanya masuk ke dalam arsip. Kemudian dari 3.705 laporan proses verifikasi, sebanyak 3.673 dinyatakan telah selesai dan 32 aduan belum selesai verifikasi.

“Benar, bahwa KPK telah menerima berbagai aduan dugaan tindak pidana korupsi dari masyarakat. Salah satunya aduan dimaksud yang telah diterima oleh bagian persuratan KPK,” kata Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Jumat 17 Desember 2021.

Menurut Ali, KPK akan memproses setiap aduan yang masuk dengan memverifikasi dan menelaah sehingga dapat diketahui apakah aduan tersebut termasuk ranah tindak pidana korupsi atau tidak.

“Kami sangat mengapresiasi pihak-pihak yang terus gigih berperan dan menaruh optimisme terhadap upaya bersama pemberantasan korupsi di Indonesia,” ucap Ali.

Dari kategori wilayah, aduan mengenai dugaan korupsi di DKI Jakarta merupakan yang paling terbanyak sepanjang tahun ini dengan 471 aduan. Diikuti Jawa Barat dengan 410 aduan, Sumatera Utara 346 aduan, Jawa Timur 330 aduan, dan Jawa Tengah dengan 240 aduan. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *