by

KPU Depok Bentuk Relawan Demokrasi

KPU Kota Depok melantik 55 orang Relawan Demokrasi.
KPU Kota Depok melantik 55 orang Relawan Demokrasi.

DepokRayanews.com- Ketua KPU Kota Depok Nan Shobarna melantik 55 orang Relawan Demokrasi Kota Depok.

“Alhamdulillah, hari ini sesuai dengan agenda, kami dapat melaksanakan kegiatan Pelantikan dan Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi,” kata Nana Shobarna, Kamis (24/1/2019)

Menurut Nana, sebagaimana diamanatkan UU 7/2017, pemilu diselenggarakan dengan partisipasi masyarakat, poin ini menunjukkan partisipasi masyarakat menjadi salah satu indikator penting penyelenggaraan pemilu. “Tanpa partisipasi atau keterlibatan pemilih maka sesungguhnya pemilu tidak memiliki makna,” kata Nana.

Dikatakan, relawan demokrasi merupakan merupakan salah satu upaya untuk melibatkan masyarakat. Karena itu program yang digagas oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Tujuan perekrutan relawan demokrasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pemilu.

Kemudian untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

Disamping itu, juga untuk membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi dan yang terakhir adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

“Tngkat partisipasi pemilu legislatif tahun 2014 di Kota Depok sebesar 68,17% dan pilpres tahun 2014 di Kota Depok sebesar 73,72%. Sedangkan untuk pemilu tahun 2019 ini secara nasional kami ditargetkan 77,5%. KPU Kota Depok untuk pemilu 2019 ini menargetkan tingkat partisipasi sebesar 80%.,” kata dia.

Dengan kerjasama dan kerja keras, Nana optimis target tersebut dapat tercapai.

“Tentu kami tidak bisa mewujudkan itu semua tanpa dukungan dan bantuan seluruh stakeholder yang ada di Kota Depok, termasuk Relawan Demokrasi. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *