by

KPU Tetapkan 17 Parpol Peserta Pemilu 2024, Partai Ummat Bentukan Amien Rais Tidak Lolos

DEPOKRAYANEWS.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan 17 partai politik (parpol) sebagai peserta Pemilu 2024. Sedangkan Partai Ummat dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat (TMS) dalam tahapan verifikasi faktual.

“Menetapkan 17 partai politik yang memenuhi syarat sebagai peserta pemilihan umum 2024,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari membacakan surat keputusan KPU RI di kantornya, Jakarta, Rabu 14 Desember 2022.

Penetapan partai politik peserta Pemilu 2024 ini disaksikan langsung oleh sejumlah komisioner Bawaslu, komisioner DKPP, dan perwakilan partai politik yang lolos. Setelah ditetapkan, komisioner KPU RI menyerahkan salinan keputusan kepada perwakilan masing-masing partai.

Tujuh belas parpol yang lolos itu terdiri atas sembilan partai parlemen, lima partai non-parlemen, dan tiga partai baru. Sembilan partai parlemen adalah sebagai berikut:

1. PKB
2. Gerindra
3. PDI-P
4. Golkar
5. Nasdem
6. PKS
7. PPP
8. PAN
9. Partai Demokrat 

Lima partai non-parlemen adalah:

1. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
2. Partai Perindo
3. Partai Bulan Bintang (PBB)
4. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
5. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda)

Tiga partai baru yang lolos adalah:

1. Partai Buruh
2. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
3. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora)

Partai parlemen dinyatakan lolos setelah berhasil memenuhi syarat (MS) dalam proses verifikasi administrasi. Sedangkan partai non-parlemen dan partai baru lolos setelah dinyatakan MS dalam proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Partai Ummat merupakan satu-satunya partai yang mengikuti proses verifikasi faktual, tapi dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Partai besutan Amien Rais itu dinyatakan TMS secara nasional karena TMS di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara (Sulut).

Selain 17 partai nasional, terdapat pula enam partai lokal Aceh yang lolos sebagai Peserta Pemilu 2024. Keenamnya adalah Partai Aceh (PA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Thaat dan Taqwa (Gabthat), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Nanggroe Aceh (PNA) dan Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (Sira). (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *