by

KSAD Sebut Panglima TNI Setuju Setiap Provinsi ada Kodam

DEPOKRAYANEWS.COM- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan Panglima TNI sudah menyetujui usulannya untuk membentuk Komando Daerah Militer atau Kodam di setiap provinsi. Saat ini baru ada 15 Kodam di seluruh Indonesia.

“Panglima TNI sudah setuju, nanti setiap provinsi akan ada Kodam,” kata Dudung usai Rapim TNI AD di Mabes AD, Jakarta, Jumat 10 Februari 2023. Usulan itu, kata Dudung, akan ditindaklanjuti Panglima TNI ke kementerian terkait.

“Panglima nanti akan usulkan kepada Kemhan, Kemhan akan usulkan kepada Menpan-RB tentunya juga nanti akan dibicarakan dengan Menteri Keuangan, karena akan menyangkut masalah anggaran,” kata dia.

Ia berharap usulan itu dapat direalisasikan pada tahun ini karena secara teknis tidak sulit diwujudkan.”Tinggal memindahkan, contoh Korem Lampung dari Danrem bintang satu tinggal jadikan Pangdam di situ,” katanya.

Namun demikian, ia menyebut penambahan Kodam di Papua akan dilakukan bertahap, terutama jika dikaitkan Daerah Otonom Baru (DOB).

Sebagai bagian dari Komando Teritorial (Koter), Kodam merupakan komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI AD.

Pada 2004 saat DPR mengesahkan Rancangan Undang-undang TNI menjadi UU TNI, penyelenggaraan pembinaan komando teritorial ditiadakan mulai dari Kodam hingga bintara pembina desa (Babinsa).

Saat itu, Kodam dihapuskan dengan pertimbangan demokratisasi dan menutup kesempatan TNI berpolitik di suatu daerah.

Namun, Panglima TNI saat itu, Jenderal Endriartono Sutarto tidak setuju komando teritorial dihapuskan. Dia menilai penghapusan komando teritorial sebagai kontraproduktif bagi TNI dalam melakukan fungsi ketahanan dan keamanan. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *