by

Kuartal Pertama 2017 BRI Sudahkan Kucurkan KUR Rp 14 Triliun

Bank BRI
Bank BRI

Depokrayanews.com- Pada kuartal pertama 2017, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp 14,11 triliun kepada lebih dari 763 ribu debitur baru.

Dari jumlah itu, sebanyak 30 persen disalurkan ke sektor produktif. Sesuai target pemerintah, sampai akhir tahun perseroan menargetkan penyaluran KUR ke sektor produktif minimal mencapai 40 persen.

“Kami yakin target itu bisa capai, tidak terlalu sulit bagi BRI yang memang bank UMKM bahkan bisa lebih. Teman-teman di wilayah cabang sudah buat pipeline ke arah sana,” kata Direktur utama BRI Suprajarto kepada wartawan di Jakarta, Kamis, (20/4/2017).

Menurut Suprajarto. kemungkinan KUR akan disalurkan ke plasma sawit, karet, dan lainnya. Hal itu termasuk ke sektor pertanian secara lebih luas seperti tebu, dan lainnya, karena dianggap lebih prudent.

“Kami pilih salurkan ke yang eligible seperti pertanian biar lebih prudent. Kami optimis bisa capai target KUR ke sektor produktif 40 persen, tapi bukan sekadar produktif,” kata Suprajarto.

Direktur Komersial BRI Donsuwan Simatupang menambahkan, BRI memang selalu fokus dan mengutamakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pada kuartal pertama tahun ini pun kredit mikro tumbuh 23 persen, sedangkan kredit komersil dan korporasi masing-masing 12 persen.

Ia mengungkapkan penyaluran kredit korporasi yang paling berkontribusi terhadap pertumbuhan adalah sektor energi. Kontribusinya terhadap rasio kredit bermasalah (NPL) sektor energi pun secara persentase terjadi penurunan dari sebelumnya 5,6 persen menjadi 3,6 persen.

“Hal itu karena kami concern ke pertumbuhan mikro retail. Jadi ketika likuiditas ketat kami lakukan prioritisasi,” kata Donsuwan. (rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *